Intami, Nuur Annisa (2023) Pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VI di MIS AL-Islah Muntok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811150.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811150.pdf
Download (417kB)
BAB II_1811150.pdf
Download (442kB)
BAB III_1811150.pdf
Download (604kB)
BAB IV_1811150.pdf
Download (426kB)
BAB V_1811150.pdf
Download (48kB)
Daftar Pustaka_1811150.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan yang sering dijumpai yaitu motivasi belajar, pada mata pelajaran Fiqih proses pembelajarannya masih rendah dikarenakan proses pembelajarannya yang masih berpusat pada guru dan peserta didik hanya mendengarkan materi yang diberikannya. Hal ini disebabkan pembelajaran Fiqih belum menggunakan metode yang sesuai dengan proses pembelajaran dalam pembelajaran Fiqih yang dihadapi adalah kurang adanya variasi dalam pembelajaran, sehingga membuat peserta didik menjadi bosan jenuh dan bahkan mengantuk. Dalam hal ini metode yang diterapkan masih sebatas metode yang berbasis ceramah dan demonstrasi. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode problem solving serta untuk mengetahui adakah pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VI di MIS Al-Islah Muntok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian ekperimen, dengan menggunakan Quasi Eksperimental Desig. Datanya menggunakan bantuan SPSS versi 26.0.
Setelah dilakukan penelitian, didapatkan sebuah kesimpulan yaitu terdapat pengaruh pre-test dan post-test kelompok eksperimen maka dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t 2 sampel dengan rumus independent sampel test yang mana diperoleh nilai t-hitung sebesar 5,230. Dan t-tabel sebesar 1.785 maka t-hitung > t-tabel yaitu 5,230 > 1,785 dan nilai sig. (2 tailed) sebesar 0,000 artinya 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh hasil postest peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol. Artinya terdapat pengaruh metode problem solving terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VI di MIS Al-Islah Muntok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode problem solving; motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nuur Annisa intami |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 07:14 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 07:14 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/912 |