Novitasari, Novitasari (2022) Hubungan keaktifan ekstrakurikuler dengan kedisiplinan belajar peserta didik Di SMA Negeri 3 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Insitut Agama Islam Negeri Syeikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1715018.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1715018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (447kB) | Request a copy
BAB II_1715018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (520kB) | Request a copy
BAB III_1715018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (978kB) | Request a copy
BAB IV_1715018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (660kB) | Request a copy
BAB V_1715018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (14kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1715018.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (148kB) | Request a copy
Abstract
Ekstrakurikuler merupakan kegiatan diluar jam sekolah yang diikuti oleh peserta didik yang ada dalam diri mereka dengan memperhatian bakat dan minat serta kedisiplinan dalam membagikan waktu kegiatan ekstrakurikuler dengan kegiatan belajar di dalamkelas. Terdapat 30% peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikule rmemiliki hambatan dalam membagikan waktu pelajaran dengan kegiatan ekstrakurikuler, contohnya seperti organisasi siswa intra sekolah (OSIS) yang memiliki program mingguan, bulanan, dan tahunan. Program tersebut biasanya memiliki 3 atau 4 peserta didik setiap kelas yang mengatur suksesnya kegiatan. Pada saat program itu dilaksanakan peserta didik akan disibukan dengan menyiapkan peralatan yang diperlukan, dan akan diadakan rapat OSIS setiap harinya. Peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler diberikan dispensasi dari pihak sekolah untuk tidak mengikuti pelajaran, agar waktu belajar peserta didik tidak terbagi dengan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler dan peserta didik diberikan tugas untuk dikumpulkan minggu selanjutnya, tetapi masih ada juga peserta didik yang menggunakan waktu jam pelajaran untuk melaksanakan ekstrakulikuler dan kurangnya disiplin dalam mengumpulkan tugas. Adanya kegiatan ekstrakurikuler diharapkan tidak membebani peserta didik dalam belajarakan tetapi kegiatan ekstrakurikuler dapat melatih peserta didik agar dapat bertanggung jawab,mandiri,serta terampil dalam berbagai hal.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode korelasional,yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antar dua variabel. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan dua angket yaitu angket untuk ekstrakurikuler, dan angket untuk disiplin belajar, Hasil penelitian ini menunjukkan terdapatnya hubungan antara keaktifan ekstrakurikuler dengan kedisiplinan belajar peserta didik. Dengan hasil uji hipotesis yang menggunakan korelasi product moment dengan hasil signifikan menunjukkan Sig. 0,00 < 0,05, juga dapat dilihat dari membandingkan r hitung dengan r tabel sebesar 0,253 > 0,205.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | ekstrakurikuler;disipin belajar;peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Novitasari Novitasari |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 04:28 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 04:28 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/745 |