Wisnawati, Pera (2022) Hubungan antara prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mendo Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1815052.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1815052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (545kB) | Request a copy
BAB II_1815052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (495kB) | Request a copy
BAB III_1815052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (715kB) | Request a copy
BAB IV_1815052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (526kB) | Request a copy
BAB V_1815052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (261kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1815052.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (242kB) | Request a copy
Abstract
Prokrastinasi adalah suatu perilaku menunda-nunda tugas atau menunda kegiatan belajar secara sengaja yang dilakukan oleh peserta didik. Oleh karena itu, peserta didik yang mengalami masalah prokrastinasi akademik seperti malas mengerjakan tugas, tidak mengerti pelajaran, meremehkan suatu pelajaran dikarenakan bahwa guru mata pelajaran tersebut mudah memberi nilai, sering tidak membuat tugas dan terlambat mengumpulkan tugas. Adapun peserta didik yang mengalami rendahnya motivasi belajar seperti cemas yang berlebihan, Overthinking, acuh tak acuh, sering terlambat mengumpulkan tugas, lebih mementingkan bermain game dengan gadget daripada mengerjakan tugas, tidak mau mengikuti pelajaran. Tentunya hal ini dapat berdampak bagi peserta didik terutama pada nilai dan prestasi belajar atau prestasi akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan prokrastinasi akademik dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mendo Barat.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif bersifat korelasi atau hubungan. Peneliti mengumpulkan data dengan cara menyebarkan angket penelitian variabel X dan variabel Y. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat, sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini yakni sebanyak 84 responden yang peneliti ambil secara acak. Adapun analisisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu menggunakan analisis korelasi person/ productmoment.
Berdasarkan hasil penelitian analisis tentang prokrastinasi akademik peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mendo Barat berada di kategori cukup dengan persentase sebesar 69,83%. Sedangkan analisis tentang motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Mendo Barat berada di kategori baik dengan persentase sebesar 76,27%. Selanjutnya hasil perhitungan hipotesis dengan alat bantu olah statistik SPSS dengan analisis korelasi person/product moment diperoleh hasil sebesar rxy: 0.417 dengan taraf signifikansi 5% yakni 0.417 > 0.2146. Maka dapat disimpulkan prokrastinasi akademik dengan motivasi belajar peserta didik kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Mendo Barat, korelasi atau hubungannya dikatakan cukup pada interpretasi 0.400 – 0.599 dengan hasil perhitungan koefisien determinan sebesar 17,4%, sehingga sekitar 82,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | prokrastinasi akademik; motivasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Pera Wisnawati |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:33 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:33 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/658 |