Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi kurikulum Merdeka pada mata pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Kelapa

Safitri, Mulyana (2025) Implementasi kurikulum Merdeka pada mata pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahmn Siddik.

[thumbnail of 1. HALAMAN AWAL_Mulyana Safitri.pdf] Text
1. HALAMAN AWAL_Mulyana Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (302kB)
[thumbnail of 2. BAB I_2011153.pdf] Text
2. BAB I_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (303kB) | Request a copy
[thumbnail of 3. BAB II_2011153.pdf] Text
3. BAB II_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (294kB) | Request a copy
[thumbnail of 4. BAB III_2011153.pdf] Text
4. BAB III_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (179kB) | Request a copy
[thumbnail of 5. BAB IV_2011153.pdf] Text
5. BAB IV_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of 6. BAB V_2011153.pdf] Text
6. BAB V_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (50kB) | Request a copy
[thumbnail of 7. DAFTAR PUSTAKA_2011153.pdf] Text
7. DAFTAR PUSTAKA_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembaharuan terhadap kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan dan memajukan kualitas Pendidikan Indonesia. Namun tidak lepas dari beberapa problematika. Problematika yang muncul salah satunya pada Pendidikan agama islam dalam implementasinya. Pada implementasinya, seluruh stakeholder dituntut untuk memahami lebih dalam terkait kurikulum merdeka dan memiliki kesiapan secara menyeluruh baik konsep, sarana maupun prasaranannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka pada mata pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII DI SMP Negeri 4 Kelapa.

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 9 orang, terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 1 Wakil Kurikulum, 1 Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti dan 6 siswa kelas VIII. Data penelitian dianalisis dengan teknik Miles & Huberman yang terdiri 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII SMP negeri 4 Kelapa yaitu, guru masih belajar beradaptasi dengan menyusun capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran dan modul ajar. Strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah pembelajaran berdiferesensi dengan kolaborasi pembelajaran berbasis diskusi kelompok dan pembelajaran diluar kelas agar siswa merasa pembelajaran lebih menyenangkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: implementasi; kurikulum merdeka; pendidikan agama islam
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Mulyana Safitri
Date Deposited: 15 Oct 2025 02:44
Last Modified: 15 Oct 2025 02:44
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4024

Actions (login required)

View Item
View Item