Safitri, Mulyana (2025) Implementasi kurikulum Merdeka pada mata pembelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMP Negeri 4 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahmn Siddik.
1. HALAMAN AWAL_Mulyana Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (302kB)
2. BAB I_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (303kB) | Request a copy
3. BAB II_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (294kB) | Request a copy
4. BAB III_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (179kB) | Request a copy
5. BAB IV_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
6. BAB V_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (50kB) | Request a copy
7. DAFTAR PUSTAKA_2011153.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (201kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembaharuan terhadap kurikulum yang dilakukan oleh pemerintah guna meningkatkan dan memajukan kualitas Pendidikan Indonesia. Namun tidak lepas dari beberapa problematika. Problematika yang muncul salah satunya pada Pendidikan agama islam dalam implementasinya. Pada implementasinya, seluruh stakeholder dituntut untuk memahami lebih dalam terkait kurikulum merdeka dan memiliki kesiapan secara menyeluruh baik konsep, sarana maupun prasaranannya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan kurikulum merdeka pada mata pembelajaran pendidikan agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII DI SMP Negeri 4 Kelapa.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Jumlah informan yang terlibat dalam penelitian ini adalah 9 orang, terdiri dari 1 Kepala Sekolah, 1 Wakil Kurikulum, 1 Guru Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti dan 6 siswa kelas VIII. Data penelitian dianalisis dengan teknik Miles & Huberman yang terdiri 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi kurikulum merdeka pada Mata Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi pekerti kelas VIII SMP negeri 4 Kelapa yaitu, guru masih belajar beradaptasi dengan menyusun capaian pembelajaran, penyusunan tujuan pembelajaran dan modul ajar. Strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah pembelajaran berdiferesensi dengan kolaborasi pembelajaran berbasis diskusi kelompok dan pembelajaran diluar kelas agar siswa merasa pembelajaran lebih menyenangkan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | implementasi; kurikulum merdeka; pendidikan agama islam |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Mulyana Safitri |
| Date Deposited: | 15 Oct 2025 02:44 |
| Last Modified: | 15 Oct 2025 02:44 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/4024 |
