Fikriansyah, Agung (2025) Pengaruh promosi, fasilitas, dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung masyarakat Kecamatan Gerunggang di Bank Muamalat cabang Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_1831005.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (600kB)
BAB 1_1831005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB) | Request a copy
BAB 2_1831005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (337kB) | Request a copy
BAB 3_1831005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (637kB) | Request a copy
BAB 4_1831005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (935kB) | Request a copy
BAB 5_1831005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (298kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1831005.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (431kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Menabung adalah tindakan yang terpuji dan bermanfaat untuk masa yang akan datang. Muslim sendiri juga didorong untuk menabung untuk masa depan mereka dan harus mengantisipasi kepentingan finansial yang tidak diinginkan. Hal ini menjadi kendala mendasar bagi perbankan syariah untuk mendapatkan ketenaran dan kemasyhuran serta menggalang minat masyarakat untuk ingin menabung di bank.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Gerunggang berjumlah 396 responden. sedangkan untuk teknik pengambilan sampel menggunakan metode slovin. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer.
Data primer diperoleh dari hasil jawaban responden melalui kuesioner. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Pengelolaan data pada penelitian ini menggunkan alat bantu software SPSS.
Berdasarkan uji t yang telah dilakukan, variabel promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Muamalat Cabang Kota Pangkalpinang secara parsial. Hal tersebut diketahui melalui nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 2.676 > t tabel 1,649. Variabel fasilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Muamalat Cabang Kota Pangkalpinang. Hal tersebut diketahui melalui nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 1.978 > t tabel 1,649. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung di Bank Muamalat Cabang Kota Pangkalpinang. Hal tersebut diketahui melalui nilai sig sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 17.617 > t tabel 1,649. Berdasarkan uji F yang telah dilakukan, variabel promosi, fasilitas dan kualitas pelayanan secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap minat menabung di Bank Muamalat Cabang Kota Pangkalpinang. Hal tersebut dilihat melalui nilai signifikan 0,00 < 0,05 dan nilai F hitung 108,566 > 2,62.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Keywords: | promosi; fasilitas; kualitas pelayanan; minat menabung |
| Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
| Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
| Depositing User: | Agung Fikriansyah |
| Date Deposited: | 14 Oct 2025 08:12 |
| Last Modified: | 14 Oct 2025 08:13 |
| URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3924 |
