Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas V di SDN 4 Lubuk Besar Bangka Tengah Tahun Ajaran 2023/2024

Risky, Lola (2025) Pengaruh penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti siswa kelas V di SDN 4 Lubuk Besar Bangka Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2011023.pdf] Text
Halaman Awal_2011023.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2011023.pdf] Text
BAB I_2011023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2011023.pdf] Text
BAB II_2011023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2011023.pdf] Text
BAB III_2011023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (965kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2011023.pdf] Text
BAB IV_2011023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (864kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2011023.pdf] Text
BAB V_2011023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_2011023.pdf] Text
Daftar Pustaka_2011023.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keaktifan dan kemandirian belajar pada siswa masih belum meningkat dan belum terlihat hasil yang signifikan. Solusi dari pemerintah memunculkan lagi kurikulum terbaru, yaitu Kurikulum Merdeka Belajar, yang diharapkan dapat memberikan dampak positif terhadap prestasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Kurikulum Merdeka Belajar terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti siswa.

Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif Asosiatif. Dilaksanakan di SDN 4 Lubuk besar Bangka Tengah. Responden dalam penelitian ini adalah Siswa kelas V. Dalam penelitian ini menggunakan uji coba instrumen yaitu uji validitas dan uji reliabilitas, lalu di Analisis dengan menggunakan uji normalitas data dan uji linieritas data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perngaruh yang signifikan terhadap prestasi berlajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, hal ini dibuktikan dari data uji prasyarat yaitu uji normalitas dikertahui bahwa nilai signifikansi 0,090 > 0,005 maka dapat disimpulkan nilai residual berdistribusi normal, dan uji linieritas diketahui bahwa nilai f hitung adalah 16,000 dengan nilair signifikansi 0,000 < 0,005, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel bebas, jadi dengan kata lain ada pengaruh variabel bebas (x) terhadap variabel terikat (y) .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kurikulum merdeka belajar; prestasi belajar
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Lola Risky
Date Deposited: 14 May 2025 06:34
Last Modified: 14 May 2025 06:35
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item
View Item