Firgayanti, Okta (2024) Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 1 Kepulauan Pongok. Undergraduate thesis, Institus Agama Islam Negeri Syaikh Abdurahman Siddik.
HALAM AWAL-1715019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB_I-_1715019[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (177kB) | Request a copy
BAB_II_-_1715019[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (255kB) | Request a copy
BAB_III-_1715019[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (37kB) | Request a copy
BAB_IV-1715019pdf[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
BAB_V_-_1715019[1].pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
DAFTAR_PUSTAKA-_1715019[1]-1.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (126kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Kecerdasan emosional merupakan aspek penting dalam perkembangan individu, termasuk peserta didik di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Guru bimbingan dan konseling memiliki peran strategis dalam membantu mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik karena mereka terlatih secara khusus dalam hal ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran guru bimbingan dan konseling dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik di SMP Negeri 1 Kepulauan Pongok.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan guru bimbingan dan konseling serta observasi langsung terhadap interaksi mereka dengan peserta didik. Analisis dilakukan dengan menggunakan teknik reduksi data, display data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru bimbingan dan konseling di SMP Negeri 1 Kepulauan Pongok memiliki peran yang signifikan dalam mengembangkan kecerdasan emosional peserta didik. Mereka secara aktif terlibat dalam memberikan layanan konseling, mengadakan kegiatan pengembangan diri, serta memberikan dukungan emosional yang diperlukan. Hal ini membantu peserta didik untuk mengenali dan mengatur emosi mereka dengan lebih baik, meningkatkan kualitas interaksi sosial, dan memperkuat ketahanan mental mereka
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kecerdasan emosional; peran guru bimbingan dan konseling; peserta didik |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Okta Firgayanti |
Date Deposited: | 04 Nov 2024 09:02 |
Last Modified: | 04 Nov 2024 09:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2709 |