Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan berfikir kritis mahasiswa psikologi islam IAIN SAS Babel

Furtuna, Lululadia (2024) Pengaruh efikasi diri dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan berfikir kritis mahasiswa psikologi islam IAIN SAS Babel. Undergraduate thesis, institut agama islam negri syaikh abdurrahman siddik bangka belitung.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2024030 _organized.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2024030 _organized.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB 1_2024030.pdf] Text
BAB 1_2024030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2024030.pdf] Text
BAB II_2024030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2024030.pdf] Text
BAB III_2024030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (328kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2024030.pdf] Text
BAB IV_2024030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (621kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2024030.pdf] Text
BAB V_2024030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2024030.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2024030.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan fikasi diri dan kecerdasan
emosional terhadap keterampilan berfikir kritis Mahasiswa Psikologi Iaian Sas Babel. Efikasi diri adalah penilaian seseorang tentang kemampuannya sendiri untuk menjalankan perilaku tertentu atau mencapai tujuan tertentu efikasi diri akan mempengaruhi beberapa aspek dari kognisi dan perilaku seseorang.dan kecerdasan emosional itu sendiri merupakan kemampuan yang harus di miliki oleh setiap mahasiswa dalam menyadari dan mengelola
emosi diri sendiri, memotivasi diri sendiri, mengenali emosi individu lain dan mampu menjalin hubungan dengan individu lain. Sedangkan keterampilan berpikir kritis adalah mencakup kemampuan mengakses, menganalisis, mensintesis informasi yang dapat dipelajari dan dikuasai banyak orang yang mampu berpikir kritis. Populasi adalah seluruh populasi penelitian ini merujuk kepada mahasiswa psikologi dengan populasi dari keseluruhan jumlah 314 mahasiswa. Metode pengambilan data efikasi diri, kecerdasan emosional dan keterampilan berfikir kritis.

Dari hasil analisis dengan metode analisis regresi berganda. Efikasi Diri X1 dankecerdasan emosional X2 secara bersama-sama dapat mempengaruhi keterampilan berfikir kritis (Y) pada mahasiswa psikolgi secara signifikan dengan p < 0.05. hasil rsquare atau r kuadrat dari r yaitu merupakan koefisien determinasi di peroleh nilai koefisien determinasi
0,286 yang berarti besar pengaruh variabel efikasi diri , dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan berfikir krtis sebesar 28,6 % kecerdasan emosional ( X 2) dan efikasi diri (X1) memeberikan nilai positif terhadap nilai koefisien regresi keterampilan berfikir kritis (Y) (β1) adalah 0,218, artinya jika terjadi peningkatan satu nilai untuk variabel kecerdasan emosional maka akan menambah nilai 0,218 untuk keterampilan berfikir kritis. Sedangkan koefisien regresi efikasi diri (X 1) (β2) adalah 0,136, artinya jika ada peningkatan satu nilai untuk variabel efikasi diri maka akan menambah nilai 0,136 untuk kemampuan berpikir kritis (Y).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: efikasi diri; kecerdasan emosional; keterampilan berfikir kritis
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir
Depositing User: lululadia furtuna
Date Deposited: 01 Nov 2024 02:22
Last Modified: 01 Nov 2024 02:22
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2621

Actions (login required)

View Item
View Item