Dayana, Eli (2024) Upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik tunagrahita di SMP Negeri 3 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1815020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (760kB)
BAB I_1815020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (220kB) | Request a copy
BAB II_1815020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (219kB) | Request a copy
BAB III_1815020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (125kB) | Request a copy
BAB IV_1815020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (159kB) | Request a copy
BAB V_1815020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (36kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1815020.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (169kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap Anak berkebutuhan Khusus (Tunagrahita) yang mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan gangguan yang dialami seseorang baik secara perkembangan dan akademik, seseorang atau anak dengan kesulitan belajar akan membuatnya mengalami keterlambatan dalam belajar dan berdampak pada nilai akademiknya. Permasalahan kesulitan belajar yang dialami oleh anak berkebutuhan khusus di SMP Negeri 3 Pangkalpinang adalah sulit mengikuti pelajaran yang diberikan oleh guru, karena mereka memiliki kesulitan dalam menerima pelajaran, baik secara pemahaman maupun kesulitan dalam hal menuliskan tugas yang diberikan oleh guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya Guru Bimbingan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik tunagrahita di smp negeri 3 pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yang memberikan hasil pengumpulan data digunakan peneliti berupa wawancara dengan guru BK, kepala sekolah, wali kelas, dan guru mata pelajaran. Observasi dalam bentuk non partisipatif, dan dokumentasi. Selanjutnya, analisis data melalui tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan uji keabsahan data.
Hasil penelitian menunjukan bahwa upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik tunagrahita di SMP Negeri 3 Pangkalpinang meliputi identifikasi, diaknosis, prognosis, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Program pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik tunagrahita tidak ada, karena sekolah inklusi memperlakukan semua anak sama dan juga ada peraturan tidak menerima peserta didik dengan IQ didawah 70, guru bimbingan dan konseling kurang personil dan banyaknya peserta didik di SMP Negeri 3 Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | guru bk; kesulitan belajar; tunagrahita |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Elli Dayana |
Date Deposited: | 31 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 01 Nov 2024 01:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2571 |