Mukhlis, Mukhlis (2024) Pengaruh pengetahuan dan strategi promosi terhadap minat masyarakat Desa Tanjung Sangkar menggunakan produk Bank Syariah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1931077.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (969kB)
BAB I_1931077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (405kB) | Request a copy
BAB II_1931077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB) | Request a copy
BAB III_1931077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (728kB) | Request a copy
BAB IV_1931077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (820kB) | Request a copy
BAB V_1931077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (261kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1931077.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (401kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Masyarakat di negara maju dan berkembang sangat membutuhkan bank sebagai transaksi keuangannya. Desa Tanjung Sangkar adalah desa yang didominasi oleh masyarakat muslim. Kurangnya minat masyarakat menggunakan jasa layanan perbankan syariah disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan strategi promosi yang dilakukan pihak bank syariah ke Desa Tanjung Sangkar yang terkendala jauh dari lokasi bank syariah. Oleh karena itu perlu ada pengukuran seberapa besar pengaruh pengetahuan dan strategi promosi terhadap minat masyarakat Desa Tanjung Sangkar untuk menggunakan produk Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengetahuan memiliki pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Desa Tanjung Sangkar untuk menggunakan produk Bank Syariah, dan strategi promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Desa Tanjung Sangkar menggunakan produk Bank Syariah.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Data yang digunakan yaitu data primer dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Tanjung Sangkar. Sumber data sekunder berupa buku, jurnal, internet, dan data Desa Masyarakat. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Desa Tanjung Sangkar berjumlah 2.416 jiwa dan sampel sebanyak 96 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket, dan observasi, peneliti menyebar kuesioner secara langsung ke masyarakat.
Hasil penelitian berdasarkan uji parsial T bahwa faktor pengetahuan dan strategi promosi berpengaruh secara parsial terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah dapat dilihat bahwa nilai thitung 8,403 > 1,661 dan 4,662 > 1,661 sehingga jelas H0 ditolak dan H1 diterima, atau jika dilihat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10. Berdasarkan uji simultan F terdapat pengaruh faktor pengetahuan dan strategi promosi secara simultan terhadap minat masyarakat menggunakan produk Bank Syariah dengan diperoleh Fhitung (82,843) > (3,09), jadi H0 ditolak dan Ha diterima atau jika melhat nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,10.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengetahuan; strategi promosi; minat |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Mukhlis Mukhlis |
Date Deposited: | 17 Sep 2024 08:05 |
Last Modified: | 17 Sep 2024 08:06 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/2347 |