Viola, Rindi (2020) Pengembangan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan Fun Game di PAUD Ababil Schoolhouse Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL 1512039.pdf - Accepted Version
Download (1MB)
BAB I _1512039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (145kB)
BAB II _1512039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (172kB)
BAB III _1512039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (98kB)
BAB IV _1512039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (233kB)
BAB V _1512039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (61kB)
DAFTAR PUSTAKA _1512039.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (100kB)
Abstract
Fokus penelitian ini berkenaan dengan pengembangan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan fun game di PAUD ABABIL Schoolhouse Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah dan tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengembangan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan fun game di PAUD ABABIL Schoolhouse Pangkalpinang,
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak yang ada di PAUD ABABIL Schoolhouse Pangkalpinang. Setelah semua data diperoleh penulis mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data yang diperlukan dalam penelitian ini diambil dari sumber data primer dan data sekunder, setelah itu peneliti menarik suatu kesimpulan dengan merangkum semua data.
Hasil penelitian yang diperoleh peneliti, bahwa pengembangan motorik kasar pada anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan fun game di PAUD ABABIL Schoolhouse Pangkalpinang sangat baik dan efektif dalam pengembangan motorik kasar pada anak. Melalui kegiatan Fun game anak yang awalnya belum baik dalam menendang, melempar serta menangkap menjadi bisa lebih baik melakukan itu semua, karena fun game yang digunakan bermacam-macam serta berbeda setiap harinya. Fun game yang ada di PAUD ABABIL schoolhouse Pangkalpinang ini sangat efektif karena fun game disini dilakukan secara bersama-sama atau berkelompok, itu dikarenakan guru ingin melihat anak melakukan kegiatan fun game dengan cara saling bekerja sama. Fun game yang ada di PAUD ABABIL ini selain bermanfaat bagi fisik motorik anak, fun game ini juga bermanfaat dalam sikap sosial anak karena disini anak dituntut untuk saling bekerja sama. Selain itu, fun game juga dapat mengembalikan mood anak yang kurang baik saat datang ke sekolah, dimana yang awalnya anak masih menangis dan tidak mau melakukan apapun karena ingin bertemu orang tuanya, dengan diadakan fun game mood anak yang kurang baik akan berangsur membaik karena dia melihat teman-temannya melakukan fun game, disitu anak akan merasa jiwanya tertantang untuk mencoba dan secara tidak langsung anak akan menyukainya dan mood yang tidak baik saat datang ke sekolah akan berubah. Jadi dapat peneliti simpulkan fun game yang ada di PAUD ABABIL Schoolhouse Pangkalpinang ini sangat baik dan efektif karena selain dapat mengembangkan fisik motorik kasar dan halus pada anak, juga dapat meningkatkan jiwa sosial anak serta mengembalikkan mood anak yang tidak baik saat datang ke sekolah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Anak; Pengembangan; Motorik Kasar; Fun Game. |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Esti Kurniawati |
Date Deposited: | 09 Mar 2023 02:37 |
Last Modified: | 09 Mar 2023 02:37 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/208 |