Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Efektivitas bimbingan kelompok untuk mendisiplinkan anak asuh di Panti Asuhan Al-Ikhlas Kelurahan Kejaksaan Taman Sari Kota Pangkalpinang

Nurlita, Ita (2021) Efektivitas bimbingan kelompok untuk mendisiplinkan anak asuh di Panti Asuhan Al-Ikhlas Kelurahan Kejaksaan Taman Sari Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh AbdurrahmaIn Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1721014.pdf] Text
Halaman Awal_1721014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)
[thumbnail of BAB I_1721014.pdf] Text
BAB I_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[thumbnail of BAB II_1721014.pdf] Text
BAB II_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[thumbnail of BAB III_1721014.pdf] Text
BAB III_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[thumbnail of BAB IV_1721014.pdf] Text
BAB IV_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[thumbnail of BAB V_1721014.pdf] Text
BAB V_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1721014.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

INDONESIA:
Kedisiplinan merupakan kendala yang dialami oleh anak asuh yang berada dipanti asuhan. Anak asuh yang berada di panti asuhan masih banyak melanggar tata tertib yang telah dibuat oleh pihak panti. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti anak asuh melalui proses bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan anak asuh yang diadakan oleh pengasuh.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses dan efektivitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan anak asuh yang berada di Panti Asuhan Al-Ikhlas Kelurahan Kejaksaan Taman Sari Kota Pangkalpinang.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari pengasuh dan anak asuh. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan tulisan yang berkaitan dengan penulisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, dan objek penelitian. Jumlah anak yang mengikuti bimbingan kelompok sebanyak tujuh orang dan satu pembimbing. Satu anak asuh dan satu pembimbing menjadi narasumber kunci dalam penelitian.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bimbingan kelompok sudah sesuai dengan tahapan-tahapan, dinamika, dan asas-asas bimbingan kelompok. Efektivitas yang terjadi setelah dilakukan bimbingan kelompok yaitu tiga anak asuh menunjukkan perubahan perilaku setelah mengikuti bimbingan kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: group guidance; discipline; foster children;orphanages
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Kesejahteraan sosial, layanan sosial, bantuan sosial, konseling sosial, bimbingan sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Hilda Aryani
Date Deposited: 28 Mar 2024 02:59
Last Modified: 28 Mar 2024 02:59
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item
View Item