Nurlita, Ita (2021) Efektivitas bimbingan kelompok untuk mendisiplinkan anak asuh di Panti Asuhan Al-Ikhlas Kelurahan Kejaksaan Taman Sari Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh AbdurrahmaIn Siddik.
Halaman Awal_1721014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (9MB)
BAB I_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (544kB)
BAB II_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (561kB)
BAB III_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (350kB)
BAB IV_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (360kB)
BAB V_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (157kB)
DAFTAR PUSTAKA_1721014.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB)
Abstract
INDONESIA:
Kedisiplinan merupakan kendala yang dialami oleh anak asuh yang berada dipanti asuhan. Anak asuh yang berada di panti asuhan masih banyak melanggar tata tertib yang telah dibuat oleh pihak panti. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti anak asuh melalui proses bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan anak asuh yang diadakan oleh pengasuh.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat proses dan efektivitas bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan anak asuh yang berada di Panti Asuhan Al-Ikhlas Kelurahan Kejaksaan Taman Sari Kota Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari pengasuh dan anak asuh. Sedangkan sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan tulisan yang berkaitan dengan penulisan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dokumentasi, analisis data, dan objek penelitian. Jumlah anak yang mengikuti bimbingan kelompok sebanyak tujuh orang dan satu pembimbing. Satu anak asuh dan satu pembimbing menjadi narasumber kunci dalam penelitian.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses bimbingan kelompok sudah sesuai dengan tahapan-tahapan, dinamika, dan asas-asas bimbingan kelompok. Efektivitas yang terjadi setelah dilakukan bimbingan kelompok yaitu tiga anak asuh menunjukkan perubahan perilaku setelah mengikuti bimbingan kelompok.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | group guidance; discipline; foster children;orphanages |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 360 Permasalahan dan kesejahteraan sosial > 361 Kesejahteraan sosial, layanan sosial, bantuan sosial, konseling sosial, bimbingan sosial |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Hilda Aryani |
Date Deposited: | 28 Mar 2024 02:59 |
Last Modified: | 28 Mar 2024 02:59 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1777 |