Mareta, Nanda (2023) Efektivitas layanan konseling individual dalam meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Jebus. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (791kB)
BAB I_1915048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (209kB) | Request a copy
BAB II_1915048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (244kB) | Request a copy
BAB III_1915048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB) | Request a copy
BAB IV_1915048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (429kB) | Request a copy
BAB V_1915048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (9kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915048.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (167kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Peserta didik yang memiliki tingkat tanggung jawab belajar yang rendah lebih banyak ditemukan di SMP Negeri 2 Jebus. Hal ini disebabkan yaitu dari faktor internal dan eksternal peserta didik itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat sebelum dan sesudah diberikan layanan konseling individual, serta pengaruh dari layanan konseling individual dalam meningkatkan tanggung jawab belajar peserta didik di SMP Negeri 2 Jebus.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desain quasy eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket dengan jenis skala likert dan dokumentasi secara langsung guna memperoleh data untuk penelitian ini. Proses analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui uji coba instrumen penelitian dengan menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Setelah didapatkan data menggunakan uji hipotesis uji paired sample t test dengan bantuan SPSS versi 26.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil grup kontrol Pretest-posttest nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,089 > 0,05 maka dapat disimpulkan tidak ada perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik. Sedangkan untuk hasil nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan ada perbedaan rata-rata hasil belajar peserta didik untuk grup eksperimen Pretest-posttest dari pernyataan tersebut dinyatakan efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling individual; tanggung jawab belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nanda Mareta |
Date Deposited: | 21 Dec 2023 07:11 |
Last Modified: | 21 Dec 2023 07:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1636 |