Susanti, Emiliana (2023) Peran guru bimbingan konseling dalam membangun kepercayaan diri peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok kelas XI keahlian telnik otomotif di SMK Negeri 2 Pangkal Pinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal _1715007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (694kB)
BAB I _1715007.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (41kB) | Request a copy
BAB II _1715007.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (61kB) | Request a copy
BAB III _1715007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB) | Request a copy
BAB III _1715007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB) | Request a copy
BAB V _1715007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (13kB) | Request a copy
Daftar Pustaka _1715007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA :
Bimbingan dan konseling merupakan suatu layanan pemberian bantuan yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling untuk peserta didik atau konseli karena disetiap sekolah tentu memilik masalah yang berbeda-beda.bimbingan dan konseling memiliki beberapa layanan, salah satunya yaitu layanan bimbingan kelompok. Layanan bimbingan kelompok merupakan suatu kegiatan kelompok yang dilakukan sekelompok orang dengan mengunakan dinamika kelompok yaitu adanya interaksi satu sama lain, memberikan tanggapan, mengeluarkan pendapat,dan saran. Layanan bimbingan kelompok digunakan untuk membangun kepercayaan diri peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan konseling dalam membangun kepercayaan diri peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam membangun kepercayaan diri peserta didik kelas XI keahlian teknik otomotif di SMKN 2 Pangkalpinang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan mengunakan pendekatan deskriptif. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mengetahui phenomena kepercayaan diri peserta didik di kelas XI keahlian teknik otomotif. Data ini dikumpulkan berdasarkan hasil wawancara yang mengunakan wawancara terstruktur dan observasi non-partisipan, yang terdiri dari beberapa informan meliputi, guru bimbingan konseling, wali kelas, kepala sekolah dan peserta didik kelas XI keahlian teknik otomotif.
Berdasarkan hasil penelitian peran guru bimbingan konseling dalam membangun kepercayaan diri peserta didik meliputi merencanakan layanan, melaksanakan layanan, mengevaluasi layanan, dan melakukan tindak lanjut. Sedangkan pelaksanaan layanan bimbingan kelompok yang diberikan oleh guru bimbingan konseling terdiri dari empat tahap yaitu tahap pembentukan, tahap peralihan, tahap kegiatan, dan tahap pengakhiran. Layanan ini bertujuan untuk membangun kepercayaan diri peserta didik kelas XI keahlian teknik otomotif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | peran guru bk; kepercayaan diri; bimbingan kelompok |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Emiliana Susanti |
Date Deposited: | 07 Dec 2023 06:19 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 06:19 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1571 |