Aryani, Dedes (2023) Efektivitas layanan informasi bermuatan video therapy untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SMP Negeri 4 Mentok. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915015.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1915015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (261kB) | Request a copy
BAB II_1915015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (294kB) | Request a copy
BAB III_1915015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (495kB) | Request a copy
BAB IV_1915015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
BAB V_1915015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (99kB) | Request a copy
Daftar pustaka_1915015.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (178kB) | Request a copy
JURNAL BK_DEDES ARYANI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (375kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Penelitian ini mengkaji permasalahan kepercayaan diri yang rendah di SMP Negeri 4 Mentok, Kepercayaan diri yang rendah dimiliki oleh peserta didik menyebabkan terjadinya gangguan perilaku, takut mengungkapkan pendapat, tidak berani ketika maju kedepan kelas, memilih untuk diam ketika ditanya oleh guru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kemampuan kepercayaan diri peserta didik Di SMP Negeri 4 Mentok sebelum dan sesudah diberikannya layanan informasi bermuatan video therapy dan mengetahui apakah layanan informasi bermuatan video therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri peserta didik di SMP Negeri 4 Mentok.
Penelitian ini merupakan penelitian Eksperimen dengan bentuk desain Pretest-Posttest One Group. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Metode analisis data pada penelitian ini yaitu uji prasyarat dengan menguji normalitas data normal atau tidak menggunakan analisis uji Shapiro Wilk, sedangkan uji hipotesis menggunakan pengujian Paired Sampel T Test. Prosedur eksperimen dilakukan dengan memberi pretest untuk mengukur tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan layanan, kemudian memberikan treatmen berupa layanan infromasi bermuatan video therapy, setelah itu diberikan posttest untuk mengukur kepercayaan diri peserta didik setelah diberikan layanan informasi bermuatan video therapy.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa tingkat kepercayaan diri peserta didik sebelum diberikan layanan adalah rendah, dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi setelah diberikan layanan. Layanan informasi bermuatan video therapy efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hal tersebut dapat dilihat hasil uji hipotesis menggunakan Paired Sample T Test menunjukan hasil nila thitung lebih besar dari nilai ttabel yaitu -27,495 > 1,833 dan nilai Sig 0,000 < 0,05. Secara hipotesis dalam peneliti H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti layanan informasi bermuatan video therapy efektif untuk meningkatnya kepercayaan diri peserta didik.
Kata-kata kunci : Layanan Informasi, Video Therapy, Kepercayaan Diri, Peserta Didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan informasi; video therapy; kepercayaan diri; peserta didik |
Subjects: | 000 - Komputer, Informasi dan Referensi Umum > 000 Ilmu komputer, ilmu pengetahuan dan sistem-sistem > 002 Buku (topik menulis, perpustakaan, dan buku) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dedes Aryani |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 04:09 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 04:09 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1513 |