Dewi, Dewi (2023) Pengaruh strategi promosi dan pengetahuan produk terhadap keputusan nasabah memilih pembiayaan multiguna di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1631103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1631103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (347kB) | Request a copy
BAB II_1631103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (478kB) | Request a copy
BAB III_1631103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
BAB IV_1631103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (758kB) | Request a copy
BAB V_1631103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (170kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1631103.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
Abstract
Pembiayaan akan menjadi sumber utama bagi bank syariah mencetak keuntungan, salah satunya pembiayaan multiguna. Pembiayaan multiguna merupakan salah satu produk yang ada di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang, yang khususnya untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Ada beberapa faktor yang menjadi faktor penentu nasabah dalam memutuskan menggunakan pembiayaan tersebut yaitu strategi promosi dan pengetahuan nasabah terhadap produk ini. Strategi promosi yang dilakukan oleh pihak Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang pada tahun 2020 dinilai masih kurang karena jumlah nasabah tahun 2020 semakin turun dibandingkan tahun sebelumnya. Maka dari itu bahwa hubungan antar strategi promosi dan pengetahuan produk menyebabkan adanya perilaku nasabah, keduanya memiliki keterkaitan antara strategi promosi dan pengetahuan produk yang menyebabkan munculnya perilaku konsumen atau nasabah untuk memilih produk itu. Sehingga peneliti ingin melihat seberapa besar pengaruh strategi promosi dan pengetahuan produk terhadap keputusan nasabah dalam memilih Pembiayaan Multiguna di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang baik secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel dalam penelitian ini ialah nasabah Pembiayaan Multiguna di Bank Sumsel Babel Syariah Pangkalpinang dari tahun 2019-2020 yakni berjumlah 50 responden. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda, kemudian menggunakan pengujian asumsi klasik dan pengujian hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial strategi promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Pembiayaan Multiguna di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang. Sedangkan secara parsial pengetahuan produk tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Pembiayaan Multiguna di Bank Sumsel Babel
Syariah Cabang Pangkalpinang. Secara simultan strategi promosi dan pengetahuan produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Pembiayaan Multiguna di Bank Sumsel Babel Syariah Cabang Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengetahuan;produk;promosi;keputusan; |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Dewi Dewi |
Date Deposited: | 02 Oct 2023 04:16 |
Last Modified: | 02 Oct 2023 04:16 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1188 |