Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Konsep pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par dan relevansinya terhadap kurikulum 2013

Mahririta, Ravienna (2023) Konsep pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par dan relevansinya terhadap kurikulum 2013. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1911141.pdf] Text
Halaman Awal_1911141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_1911141.pdf] Text
BAB I_1911141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (368kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911141.pdf] Text
BAB II_1911141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (742kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911141.pdf] Text
BAB III_1911141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (296kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911141.pdf] Text
BAB IV_1911141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911141.pdf] Text
BAB V_1911141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka_1911141.pdf] Text
Daftar Pustaka_1911141.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (319kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Film yang mengandung nilai-nilai pendidikan juga dapat difungsikan sebagai media pendidikan. Seperti film “Taare Zameen Par” yang disutradarai oleh Amir Khan dan dirilis tahun 2008, diproduksi oleh Industri Bollywood, yang banyak mengandung nilai-nilai pendidikan, terutama pendidikan karakter yang bisa memberi pencerahan melalui tokoh pada film. Adapun masalah penelitian ini yaitu bagaimana konsep pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par dan bagaimana relevansinya terhadap kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film “Taare Zameen Par”.

Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan yang bersifat literatur (Library Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data mengadakan penelaahan terhadap adegan dan buku-buku, dan sumber data primer adalah film Taare Zameen Par. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah: (1) menonton keseluruhan film Taare Zameen Par, mencermati, dan mengumpulkan adegan, dan
(2) mencatat durasi adegan dengan cara dicatat di pedoman observasi. Sedangkan langkah- langkah dalam menganalisis: (1) mengamati adegan film yang telah ditandai, (2) menganalisis sesuai kata kunci, (3) mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter, dan (4) menyimpulkan hasil analisis.

Hasil penelitian disimpulkan bahwa ditemukan 10 nilai karakter berdasarkan Kementrian Pendidikan Nasional antara lain: (1) Jujur, (2) kerja keras, (3) kreatif, (4) mandiri, (5) rasa ingin
tahu, (6) menghargai prestasi, (7) bersahabat atau komunikatif, (8) cinta damai, (9) peduli sosial, (10) tanggung jawab. Adapun relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Taare Zameen Par terhadap kurikulum 2013 adalah membangkitkan karakter terpuji yang harus ditanamkan kepada peserta didik agar terbiasa melakukannya dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: nilai; pendidikan karakter; kurikulum 2013
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.7 Pendidikan Ilmu Kependidikan, Riset Penelitian Ilmu Pendidikan, Riset Penelitian Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Ravienna Mahririta
Date Deposited: 02 Oct 2023 03:33
Last Modified: 02 Oct 2023 03:33
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/1187

Actions (login required)

View Item
View Item