Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Korelasi antara pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas V dan VI SD Negeri 6 Lubuk Besar

Izati, Nurul (2023) Korelasi antara pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas V dan VI SD Negeri 6 Lubuk Besar. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal _1911124.pdf] Text
Halaman Awal _1911124.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (631kB)
[thumbnail of BAB I_1911124.pdf] Text
BAB I_1911124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (711kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1911124.pdf] Text
BAB II_1911124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (809kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1911124.pdf] Text
BAB III_1911124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1911124.pdf] Text
BAB IV_1911124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1911124.pdf] Text
BAB V_1911124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (143kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1911124.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1911124.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (445kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA
Penanaman nilai-nilai agama dapat dilaksanakan dengan kebiasaan keagamaan salah satunya membaca Asmaul Husna. SD Negeri 06 Lubuk Besar mengambil langkah antisipatif dengan menjadikan teori pelajaran pendidikan agama Islam kedalam bentuk praktek kebiasaan yang harus dijalankan, sebagai upaya dalam mengatasi permasalahan-permasalahan di SDN 06 Lubuk Besar. Namun masih ada sebagian siswa yang melakukan pelanggaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional. Serta tingkat pembiasaan membaca Asmaul Husna dan kecerdasan emosional peserta didik kelas V dan VI SD Negeri 6 Lubuk Besar.

Metode yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode angket skala likert, sedangkan teknik pengolahan datanya menggunakan bantuan program SPSS Versi 22.0. Sampel pada penelitian ini sebanyak 89 peserta didik. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan korelasi product moment.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emisional. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) tingkat pembiasaan membaca Asmaul Husna peserta didik kelas V dan VI SD Negeri 6 Lubuk Besar termasuk kedalam katagori sedang, dapat dilihat dari hasil persentase rata-rata 69% dengan nilai mean sebesar 93,47. 2) tingkat kecerdasan emosional peserta didik kelas V dan VI SD negeri 6 Lubuk Besar termasuk dalam katagori sedang dengan persentase 72% dan nilai mean 82, 57. 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kebiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional peserta didik kelas V dan VI SD Negeri 6 Lubuk Besar hal ini dapat dilihat dari hasil analisis product moment sebesar 0,692 berdasarkan pada ketentuan nilai korelasi atau nilai signifikansi antara pembiasaan membaca Asmaul Husna dengan kecerdasan emosional termasuk dalam katagori tinggi atau kuat maka H_0 ditolak H_a diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembiasaan; asmaul husna; kecerdasan emosional
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis
200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Nurul Izati
Date Deposited: 02 Aug 2023 07:35
Last Modified: 03 Aug 2023 08:30
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/973

Actions (login required)

View Item
View Item