Jannah, Bariyyatul (2023) Peran guru bimbingan dan konseling dalam penanganan perilaku indisipliner dengan teknik self management peserta didik di MTS An-Najah Payabenua. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1915011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB) | Request a copy
BAB II_1915011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
BAB III_1915011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (2MB) | Request a copy
BAB IV_1915011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB) | Request a copy
BAB V_1915011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (469kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915011.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Akhir-akhir ini, banyak peserta didik yang memiliki beberapa kasus di sekolah, diantaranya membawa gadget (hp) ke sekolah, melakukan bullying, merokok, dan bolos sekolah. Dengan adanya permasalahan tersebut, maka peran guru bimbingan dan konseling sangat diperlukan keberadaannya sebagai penunjang proses belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan perilaku indisipliner dan peran guru bimbingan dan konseling dalam penanganan perilaku indisipliner peserta didik di MTs An-Najah Payabenua.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan ada dua macam yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data primer berupa guru bimbingan dan konseling, kepala sekolah, dan peserta didik di Mts An-Najah Payabenua, sedangkan data sekunder berupa buku, artikel, jurnal, dan situs internet yang berkaitan dengan pembahasan. Pada teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Dan data dianalisis melalui tahapan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Pada penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian dilapangan menunjukkan gambaran mengenai faktor yang menyebabkan peserta didik melakukan perilaku indisipliner, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik berupa kurangnya minat dan konsentrasi. Sedangkan faktor ekstrinsik berupa faktor lingkungan keluarga dan faktor lingkungan sekolah. Adapun peran guru bimbingan dan konseling dalam penanganan perilaku indisipliner peserta didik di MTs An-najah Payabenua melalui beberapa peran yaitu sebagai konselor, sebagai konsultan, sebagai agen pengubah, sebagai agen prevensi, dan sebagai manager.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | guru bimbingan dan konseling; perilaku indisipliner peserta didik; teknik self management |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Karya Dosen |
Depositing User: | Bariyyatul Jannah |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 07:25 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 07:25 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/965 |