Dwi Ratna, Yurika (2023) Pengenalan kisah Rasulullah SAW melalui metode bercerita terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B1 di TK Islam Terpadu Cahaya Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1912072.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1912072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (392kB) | Request a copy
BAB II_1912072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (542kB) | Request a copy
BAB III_1912072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (412kB) | Request a copy
BAB IV_1912072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1912072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (190kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1912072.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (313kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Pengenalan kisah Rasulullah SAW juga dapat dilakukan dengan metode bercerita. Dengan menggunakan metode bercerita dapat menanamkan nilai keimanan, moral, akhlak serta pembentukkan, sikap dan perilaku anak.
Permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengenalan kisah Rasulullah SAW melalui metode bercerita untuk anak kelompok B1 TK IT Cahaya Toboali, bagaimana aspek perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B1 TK IT Cahaya Toboali dan bagaimana hasil pengenalan kisah Rasulullah SAW melalui metode bercerita terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B1 di TK IT Cahaya Toboali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan kisah Rasulullah SAW melalui metode bercerita untuk anak kelompok B1 TK IT Cahaya Toboali, untuk mengetahui bagaimana aspek perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B1 TK IT Cahaya Toboali dan untuk mengetahui hasil pengenalan kisah Rasulullah SAW melalui metode bercerita terhadap aspek perkembangan nilai agama dan moral anak kelompok B1 TK IT Cahaya Toboali.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari penelitian ini yaitu terdiri 1 orang kepala sekolah dan 4 orang guru. Sedangkan analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu melakukan reduksi data, kemudian menyajikan data yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulannya.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan kisah Rasulullah melalui metode bercerita dilakukan melalui beberapa tahap yaitu menggunakan tahap perencanaan seperti guru merancang RPPH, tahap pelaksanaan yaitu pembukaan, inti, penutup dan tahap evaluasi. Peningkatan perkembangan aspek nilai agama dan moral anak melalui pengenalan kisah Rasulullah melalui metode bercerita ini dianggap baik dalam merangsang pola pikir anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengenalan kisah rasulullah saw; metode bercerita; aspek perkembangan nilai agama dan moral |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Yurika Ratna |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 04:44 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:44 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/963 |