Sela, Nur (2023) Pengembangan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok angka pada anak usia dini kelompok A di TK Mawar Desa Penyak Kabupaten Bangka Tengah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1912049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1912049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (353kB) | Request a copy
BAB II_1912049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (283kB) | Request a copy
BAB III_1912049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (345kB) | Request a copy
BAB IV_1912049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (734kB) | Request a copy
BAB V_1912049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1912049.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (198kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Permasalahan pokok penelitian ini tentang kemampuan berhitung permulaan anak yang berusia 4-5 tahun masih ada kekeliruan dalam mengenalkan angka 6 dan 9, 1 dan 7, anak yang tidak fokus saat belajar, sebagian anak dalam penjumlahan dan pengurangan masih rendah. Tujuan penelitian untuk menjawab rumusan masalah mengenai tahapan pengembangan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok angka dan hasil pengembangan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok angka pada anak usia dini kelompok A di TK Mawar Desa Penyak Kabupaten Bangka Tengah.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif deskriptif yakni mendeskripsikan, menggambarkan suatu hal yang terjadi di lapangan yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian diambil dari sumber data primer terdiri dari 1 kepala sekolah, 2 guru di TK Mawar Desa Penyak dan sumber data sekunder. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Tahapan pengembangan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok angka ada 3 tahapan yakni korespondensi satu-satu dengan cara mencocokkan angka sesuai jumlahnya, menghafal bilangan berupa anak menyusun balok angka sembari memasukkan ke tiang balok sesuai urutan 1-10, belajar penjumlahan dengan mengelompokkan warna yang sama pada balok angka sedangkan pengurangan dengan cara mengeluarkan balok angka dari tiang balok sesuai dari instruksi guru, menghitung rasional berupa anak meletakkan angka pada balok di atas lembaran soal bergambar. Hasil pengembangan kemampuan berhitung permulaan melalui permainan balok angka pada anak usia dini kelompok A di TK Mawar Desa Penyak Kabupaten Bangka Tengah dalam membilang/menyebutkan angka 1-10, mengenal konsep angka sudah terlihat perkembangannya dari hasil observasi penelitian yakni anak Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB) walaupun ada 3 anak Mulai Berkembang (MB) karena masih perlu diingatkan dan dibantu oleh guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan kemampuan berhitung permulaan; anak usia 4-5 tahun; balok angka |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nur Sela |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 04:48 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 04:48 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/959 |