Ali, Nurul Fitriah (2023) Pengaruh penggunaan aplikasi articulate storyline 3 terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam dan budi pekerti peserta didik di SMP Negeri 2 Membalong. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1911123.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1911123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (208kB) | Request a copy
BAB II_1911123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (279kB) | Request a copy
BAB III_1911123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (449kB) | Request a copy
BAB IV_1911123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (215kB) | Request a copy
BAB V_1911123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (76kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1911123.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (159kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Tuntutan zaman dengan penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sangat tinggi. Hal tersebut mempengaruhi hasil belajar peserta didik yang menuntut penggunaan media pembelajaran yang bervariasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan aplikasi Articulate Storyline 3 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 2 Membalong dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik di SMP Negeri 2 Membalong.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasy eksperimen, dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan 20 soal pilihan ganda pre-test dan post-test, sedangkan teknik analisis data menggunakan uji-t dengan rumus paired samples test dan uji kolmogrov smirnov t-test 2 sampel dengan rumus independent samples test.
Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa penggunaan aplikasi Articulate Storyline 3 memberikan pengaruh yang lebih baik kepada proses pembelajaran seperti menarik perhatian peserta didik lebih aktif dan antusias dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Didapatkan rata-rata hasil post-test kelas kontrol sebesar 72,12 dan hasil post-test kelas eksperimen sebesar 84,88. Hal tersebut juga dibuktikan dengan uji hipotesis dengan uji kolmogrov smirnov 2 sampel dengan rumus independent samples test diperoleh thitung 5,925 dan ttabel 2,008, maka thitung > ttabel yaitu 5,925 > 2,008 dan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Maka terdapat perbedaan hasil post-test kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Artinya ada pengaruh penggunaan aplikasi Articulate Storyline 3 terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti peserta didik di SMP Negeri 2 Membalong.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | aplikasi articulate storyline 3; hasil belajar PAI dan BP |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Nurul Fitriah Ali |
Date Deposited: | 01 Aug 2023 03:53 |
Last Modified: | 01 Aug 2023 03:53 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/956 |