Karlina, Alis (2023) Upaya guru bimbingan dan konseling dalam membentuk disiplin peserta didik kelas VII melalui bimbingan klasikal di SMP Negeri 3 Air Gegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1915006.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (838kB)
BAB I_1915006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (624kB) | Request a copy
BAB II_1915006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (475kB) | Request a copy
BAB III_1915006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (430kB) | Request a copy
BAB IV_1915006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (388kB) | Request a copy
BAB V_1915006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1915006.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (310kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini berjudul “Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Membentuk Disiplin Peserta Didik Kelas VII di SMP Negeri 3 Air Gegas”. Melalui pembentukan karakter disiplin, diharapkan dapat terciptanya karakter disiplin yang baik pada peserta didik di SMP Negeri 3 Air Gegas. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui tentang cara guru BK membentuk karakter disiplin peserta didik kelas VII melalui bimbingan klasikal di SMP Negeri 3 Air Gegas. dan (2) untuk mengetahui tentang apa saja kendala dalam membentuk karakter disiplin peserta didik di SMP Negeri 3 Air gegas.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara mengelola data atau menyederhanakan data yang terkumpul dari penyederhanaan data kemudian baru ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebelum diberikan bimbingan klasikal, terdapat peserta didik yang kurang disiplin, baik dalam disiplin waktu, disiplin belajar, maupun disiplin dalam bersikap, namun setelah diberikan bimbingan klasikal dengan menggunakan langkah-langkah bimbingan klasikal kedisiplinan peserta didik mengalami peningkatan dari yang sebelumnya kurang disiplin menjadi lebih disiplin. (2) Kendala yang dialami guru dalam membentuk karakter disiplin peserta adalah dari dalam peserta didik itu sendiri, peserta didik yang enggan untuk ikut serta dalam proses kegiatan yang berhubungan dengan kedisiplinan dan juga pengaruh dari lingkungan keluarga seperti kurangnya komunikasi orang tua dengan anak karena sebagian orang tua sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak ada waktu untuk memberikan perhatian lebih untuk anaknya. Kendala lain dimana BK tidak terjadwal dalam mata pelajaran sehingga membuat guru BK sedikit kesusahan dalam melakukan bimbingan untuk peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | guru BK; disiplin, bimbingan klasikal |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Alis Karlina |
Date Deposited: | 31 Jul 2023 08:11 |
Last Modified: | 31 Jul 2023 08:11 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/946 |