Sari, Resti Purnama (2023) Pengaruh media roda putar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran fiqih di SMA Muhammadiyah Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811169.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (642kB) | Request a copy
BAB 2_1811169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (468kB) | Request a copy
BAB 3_1811169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (845kB) | Request a copy
BAB 4_1811169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (181kB) | Request a copy
BAB 5_1811169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (301kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811169.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (910kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan penelitian ini didasari banyaknya peserta didik yang sering
kali tidak fokus dalam pembelajaran, adapun peserta didik yang terfokus pada gadget sehingga sulit memahami materi yang disampaikan. Untuk itu pemilihan media pembelajaran yang tepat dalam proses pembelajaran menjadi salah satu perihal yang mendukung keberhasilan dari suatu proses pembelajaran di kelas. Maka, penulis melakukan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media roda putar dalam meningkatkan minat belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran fikih SMA Muhammadiyah Toboali. Media roda putar digunakan untuk mempermudah peserta didik dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik dengan sistem penerapannya menggunakan metode bermain sehingga membuat peserta didik tidak bosan dalam
pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Dan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental design.
Penelitian ini dilakukan pada dua kelompok yaitu kelompok kontrol sebanyak 32 orang dan kelompok eksperimen sebanyak 34 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa uji-t sampel dengan rumus
independent samples test yang mana diperoleh nilai t-hitung negatif ini bisa
berubah menjadi positif yaitu sebesar 6,180 dan t-tabel sebesar 1,9995 maka thitung > ttabel dan nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 artinya 0,000< 0,05 maka dapat disimpulkam bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, dengan demikian hasil Post-test pada kelompok kontrol dengan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pada Post-test dengan kelompok eksperimen. Artinya ada pengaruh media Roda Putar terhadap minat belajar peserta didik kelas X pada mata pelajaran fikih di SMA Muhammadiyah Toboali.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | media roda putar; minat belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Resti Purnama Sari |
Date Deposited: | 25 Jul 2023 08:02 |
Last Modified: | 25 Jul 2023 08:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/914 |