Apriansyah, Apriansyah (2023) Penerapan metode yanbu’a dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an di MTTQ (Majelis Tahsin dan Tahfizh Qur`an) At-Tibyan Kota Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1711019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1711019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (709kB) | Request a copy
BAB II_1711019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (990kB) | Request a copy
BAB III_1711019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (514kB) | Request a copy
BAB IV_1711019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (718kB) | Request a copy
BAB V_1711019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (295kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1711019.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (436kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Al-Qur`an merupakan sumber utama dan pertama dari keyakinan umat Islam. Membaca al-Qur`an merupakan hal yang sangat penting bagi umat Islam, karena membaca al-Qur`an adalah pintu gerbang menuju pengetahuan Islam. Faktanya, banyak umat Islam yang membaca al-Qur`an hanya membaca tanpa mengetahui aturan membaca ketika membaca al-Qur`an. Sebagai upaya dalam menuntaskan problematika umat dalam menuntaskan buta baca al-Qur`an, banyak sekali metode membaca al-Qur`an yang tersebar yang digagas oleh para ahli. Di Indonesia misalnya ada metode Yanbu’a dan lain sebagainya. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur`an di MTTQ (Majelis Tahsin dan Tahfizh Qur`an) at-Tibyan Kota Pangkalpinang. 2) Mengevaluasi peningkatan kemampuan membaca al-Qur`an peserta didik selama melaksanakan pembelajaran di MTTQ (Majelis Tahsin dan Tahfizh Qur`an) at-Tibyan Kota Pangkalpinang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini ialah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan ialah dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya menggunakan analisisinteraktif model Miles dan Huberman, yang melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pada bagian reduksi data, juga digunakan analisis domain model Spradley.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Yanbu’a dalam pembelajaran al-Qur`an di MTTQ at-Tibyan yaitu sebagai berikut: a) Alasan menerapkan metode Yanbu’a, yakni syaratnya tidak sulit dan adanya hubungan sanad keilmuan. b) Perencanaan pembelajaran dilaksanakan melalui tiga proses, yaitu penerimaan peserta didik, place ment test, dan membuat jadwal pembelajaran.
c) Proses pembelajaran menggunakan sistem klasikal dan individual. Ada kelas besar dan kelas kecil. Pembelajaran dimulai dari guru mengatur peserta didik, kegiatan pembuka, inti, dan penutup. Secara umum penerapan metode Yanbu’a di MTTQ at-Tibyan sudah sesuai dengan apa yang diterangkan dalam buku Yanbu’a, hanya saja terdapat beberapa hal yang tidak diterapkan dalam proses pembelajarannya, seperti tidak ada ucapan salam di awal, tidak ada pembacaan hadhrah, dan tidak digunakannya jilid enam, tujuh, serta materi hafalan. 2) Adapun kemampuan membaca al-Qur`an peserta didik mengalami peningkatan yang lebih baik dari pada kemampuan sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | penerapan metode yanbu’a; kemampuan membaca al-Qur`an |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | apriansyah syah |
Date Deposited: | 17 Jul 2023 02:15 |
Last Modified: | 30 Aug 2023 04:30 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/866 |