Milistri, Milisrti (2023) Pemanfaatan kotak ajaib untuk kemampuan membaca permulaan kelompok B5 di TK Negeri 1 Airgegas Bangka Selatan. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1812033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (202kB) | Request a copy
BAB II_1812033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (322kB) | Request a copy
BAB III_1812033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (241kB) | Request a copy
BAB IV_1812033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (733kB) | Request a copy
BAB V_1812033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (156kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812033.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (91kB) | Request a copy
Abstract
Kotak ajaib adalah salah satu kegiatan bermain dengan menggunakan benda dengan memasukkan benda ke dalam kotak dan dimainkan dengan cara menebak suatu benda yang ada di dalam kotak tersebut. Membaca permulaan adalah suatu proses untuk dapat memahami yang menghubungkan antara huruf dengan bunyi bahasa dengan cara merubah simbol-simbol yang tertulis dengan deretan huruf yang menjadi sistem bunyi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan pemanfaatan kotak ajaib untuk kemampuan membaca permulaan di kelompok B5 di TK Negeri 1 Airgegas Bangka Selatan dan untuk mengetahui hasil dari pemanfaatan kotak ajaib untuk kemampuan membaca permulaan di kelompok B5 di TK Negeri 1 Airgegas Bangka Selatan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 1 orang kepala sekolah dan 1 orang guru kelompok B5. Sedangkan analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan kotak ajaib untuk kemampuan membaca permulaan di kelompok B5 di TK Negeri 1 Airgegas Bangka Selatan yaitu adanya perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari pemanfaatan kotak ajaib untuk membaca permulaan di kelompok B5 yaitu: pertama menyebutkan simbol huruf, kedua mengenal suara awal huruf, ketiga menyebutkan kelompok kata yang memiliki bunyi/huruf yang sama, keempat membaca hubungan antara bunyi dan bentuk huruf, kelima mampu membaca kata sesuai gambar, keenam mampu membaca nama sendiri, ketujuh menyebutkan simbol-simbol huruf yang ada pada nama anak sendiri, kedelapan mampu mengenali simbol-simbol huruf yang ada pada nama anak sendiri, delapan indikator ini anak kelompok B5 sudah bisa sesuai dengan indikatornya dan perkembangan setiap minggu anak kelompok B5 sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kotak ajaib; kemampuan membaca permulaan; kelompok b5 |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan 400 – Bahasa (Bahasa Indonesia dikelas 499) > 410 Linguistik > 410 Linguistik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Milistri Milistri |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 09:08 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 09:08 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/831 |