Sastra, Noni (2023) Pengembangan perilaku prososial melalui kegiatan bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ayu Desa Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1812036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (607kB) | Request a copy
BAB II_1812036 .pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (481kB) | Request a copy
BAB III_1812036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (518kB) | Request a copy
BAB IV_1812036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (847kB) | Request a copy
BAB V_1812036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (247kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1812036.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (225kB) | Request a copy
Abstract
Perilaku prososial merupakan salah satu aspek dasar dalam perkembangan yang harus dimiliki setiap anak, karena sangat diperlukan sebagai bekal anak untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas. Kegiatan bermain peran adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk mengembangkan perilaku prososial. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan bermain peran di TK Kasih Ayu Desa Kelapa Kabupaten Bangka Barat dan untuk mengetahui hasil pengembangan perilaku prososial melalui kegiatan bermain peran pada anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ayu Desa Kelapa Kabupaten Bangka Barat.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif di TK Kasih Ayu Desa Kelapa Kabupaten Bangka Barat. Objek penelitiannya yaitu pengembangan perilaku prososial melalui kegiatan bermain peran. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru kelas dan 13 orang anak-anak usia 5-6 tahun di TK Kasih Ayu. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bermain peran dalam mengembangkan perilaku prososial di TK Kasih Ayu, sebelum memulai kegiatan guru harus menentukkan tema kegiatan, guru mempersiapkan alat peraga atau media yang akan digunakan, guru memilih kelompok anak untuk menjadi pemain dan pengamat, guru menyusun rancangan langkah-langkah kegiatan bermain peran, dan guru menetapkan rancangan penilaian. Adapun untuk pelaksannanya guru guru mengabsen anak-anak dalam kegiatan bermain peran, guru mengumpulkan anak-anak untuk memberikan aturan dan arahan, guru membagi tugas dan kelompok kepada anak, guru memberikan kesempatan kepada anak untuk bermain peran, dan guru melakukan diskusi dan evaluasi dalam kegiatan bermain peran. Dan untuk penilaiannya guru menggunakan Skala pencapaian dan catatan anekdot.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengembangan; perilaku prososial; kegiatan bermain peran |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 150 Psikologi (ilmu jiwa) 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Noni Sastra |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 08:22 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 08:39 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/829 |