Sabrina, Ririin (2023) Analisis strategi pemasaran produk Murabahah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangkabelitung Kantor Cabang Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1531093.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (675kB)
BAB I _1531093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (833kB)
BAB II_1531093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (749kB)
BAB III_1531093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (397kB)
BAB IV_1531093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (714kB)
BAB V _1531093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (246kB)
DAFTAR PUSTAKA_1531093.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (607kB)
Abstract
Sebagai lembaga keuangan, Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung Kantor Cabang Toboali berperan dalam memperbaiki perkembangan perekonomian masyarakat, yang ditunjukan dalam kegiatan utamanya yaitu menghimpun dan menyalurkan dana kepada masyarakat dengan berbagai produk unggulan sehingga bisa membuat para calon nasabah tertarik menjadi nasabah di BPRS Bangka Belitung Kantor Cabang Toboali ini dan membuat nasabah yang sudah ada menjadi loyal. Dalam kegiatan pemasaran terdapat beberapa konsep yang mana masing-masing konsep memiliki tujuan yang berbeda. Konsep ini timbul dari satu periode ke periode lainnya akibat perkembangan pengetahuan baik produsen maupun konsumen. Penggunaan konsep ini tergantung kepada perusahaan yang juga dikaitkan dengan jenis usaha dan tujuan perusahaan yang bersangkutan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yaitu model analisis interaktif dengan tahapan analisis data melalui mereduksi data, display data dan memverifikasi atau mengambil kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran produk murabahah pada BPRS Babel Kantor Cabang Toboali secara keseluruhan mengenai pemasaran produk murabahah pada BPRS Babel Kantor Cabang Toboali belum begitu banyak masyarakat yang menggunakannya. Hal ini disebabkan salah satunya kurang gencar promosi dan sosialisasi yang dilakukan oleh bank sehingga masyarakat belum banyak tahu, mengerti dan paham fungsi dari produk murabahah bagi dunia usaha atau bisnis yang sedang dilakukan oleh masyarakat. Sedangkan mengenai faktor-faktor yang menjadi hambatan dalam pengembangan strategi pemasaran produk murabahah pada BPRS Babel Kantor Cabang Toboali dapat dilakukan dengan baik oleh manajemen bank bersama-sama seluruh karyawannya. Untuk itu pemasaran produk murabahah pada BPRS Babel Kantor Cabang Toboali harus lebih produktif, inovatif, kreatif, dan adaptif lagi dalam menciptakan berbagai produknya, harus lebih genjar lagi dalam melakukan promosi dan sosialisasi sehingga masyarakat menjadi tahu, mengerti dan paham fungsi dari produk murabahah bagi masyarakat yang ingin melakukan usahanya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pemasaran:produk murabahah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Ririn Sabrina |
Date Deposited: | 16 Jun 2023 08:46 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 01:43 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/827 |