Sapira, Poni (2023) Implementasi layanan bimbingan individu dalam penyeseaian diri siswa tunagrahita di SLB YPAC Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1921035.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1921035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (527kB) | Request a copy
BAB II_1921035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (395kB) | Request a copy
BAB III_1921035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (359kB) | Request a copy
BAB IV_1921035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (363kB) | Request a copy
BAB V_1921035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (192kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1921035.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (422kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang implementasi bimbingan individu dalam penyesuaian diri siswa tunagrahita di SLB YPAC Pangkalpinang. Di latar belakangi oleh permasalahan yang biasa dialami oleh siswa tunagrhita yang memiliki intelektual di bawah rata-rata sehingga memiliki ketidak capakapan dalam intelegensia dan interaksi sosial. Untuk itu penelitin ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi layanan bimbingan individu dalam penyesuaian diri siswa tunagrahita di SLB YPAC Pangkalpinang dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi layanan bimbingan individu dalam penyesuaian diri siswa tunagrahita di YPAC Pangkalpinang.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang dianalisis dengan metode kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Data yang didapatkan berasal dari 2 sumber yaitu sumber data primer yang diperoleh langsung dari 3 informan yang merupakan wali kelas siswa tunagrahita dan data sekunder yang diperoleh dari arsip, dokumen serta buku-buku yang memiliki relevansi dengan penelitian ini. Data yang diperoleh dianalisis dengan reduksi data, penyajian data dan kemudian kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah dengan memberikan bimbingan individu yang yang dilakukan melalui program khusus bina diri serta dengan memberikan informasi secara individual, memberikan nasehat kepada individu, melakukan pengajaran remedial dan yang terakhir adalah dengan mengadakan penyuluhan individual merupakan cara yang efektif dalam membantu penyesuaian diri siswa tunagrahita. Adapun penghambat dalam memberikan bimbingan individu terhadap tunagrahita adalah kendala yang berasal dari siswa, pihak keluarga yang kurang koperatif, kendala yang berasal dari guru, dan yang terakhir adalah mengenai sarana dan prasarana atau beberapa fasilitas yang masih kurang. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu, hubungan yang cukup baik dengan yayasan, komunikasi yang baik antar guru, kerjasama dengan orang tua dan yang terakhir adalah sekolah yang sering mengadakan berbagai macam even.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | tunagrahita;penyesuaian diri; bimbingan individu |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Poni Sapira |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 05:29 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 05:29 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/805 |