Marzuki, Marzuki (2023) Peran pembina asrama terhadap prestasi belajar dan karakter religius peserta didik: Studi kasus santriwati Pondok Modern Daarul Abror Kace. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL _2081185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (3MB)
BAB I_2081185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (725kB) | Request a copy
BAB II__2081185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (965kB) | Request a copy
BAB III_2081185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (655kB) | Request a copy
BAB IV_2081185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (919kB) | Request a copy
BAB V_2081185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (434kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_2081185.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (505kB) | Request a copy
Abstract
Manusia modern adalah manusia yang dilahirkan dari peradaban yang mengalami problematika kehidupan yang sangat kompleks. Karenanya problematika itu senantiasa hadir di tengah kehidupan mereka yang serba instan sehingga menggerus dan mendistorsi orientasi kehidupan mereka yang sarat akan nilai-nilai spiritual dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Sikap egois dan ingin menang sendiri seakan selalu melekat dengan aktivitas kehidupannya. Rasa acuh tak acuh terhadap lingkungan berkembang menjadi paradok kehidupan. Keterasingan terhadap lingkungan mereka menjadi penyakit yang melekat. Kesendirian inilah akhirnya tumbuh subur menjadikan mereka hampa akan nilai-nilai kemanusiaan, kasih sayang, cinta dan peduli sesama.
Peran Pembina Asrama di Pondok Modern Daarul Abror Kace dalam keseharian memberikan pengaruh signifikan pada prestasi belajar dan karakter religius peserta didik. Tetapi, dalam beberapa kasus terdapat peserta didik belum dapat meningkatkan prestasi belajarnya dengan salah satu indikator diantaranya mendapat nilai yang kurang memuaskan. Pembina Asrama dalam perannya yang kompleks yaitu sebagai guru dan orang tua bagi peserta didik di lingkungan asrama dimana peserta didik tinggal sehari-hari. Desain minitur kehidupan dalam asrama memberikan dampak dan pengaruh pendidikan yang tinggi. Ini dikarenakam adanya perencanaan, action dan evaluasi terhadap program yang dijalankan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, metode penelitian kualitatif merupakan metode yang berdasarkan pada filsafat post positivisme, sedangkan untuk meneliti pada objek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara triangulasi (gabungan). Sistem terikat ini diikat oleh waktu dan tempat sedangkan kasus dapat dikaji dari suatu program, peristiwa, aktivitas atau suatu individu. Dan dengan rancangan kasus tunggal. Data dikumpulkan dengan latar alami (natural setting) sebagai sumber data langsung. Penelitian ini diharapkan mampu mendeskripsikan dan menganalisis mengenai Peran Pembina Asrama Terhadap Prestasi Belajar Dan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus Santriwati Pondok Modern Daarul Abror Kace).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | prestasi belajar; karakter religius |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 13 Jun 2023 02:21 |
Last Modified: | 13 Jun 2023 02:21 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/795 |