Syafitri, Shilpa Shetty Tri (2023) Efek interaksi reward sebagai variabel moderator memengaruhi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMPN 5 Payung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1924037.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I _ 1924037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (325kB) | Request a copy
BAB II _ 1924037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (433kB) | Request a copy
BAB III _ 1924037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (416kB) | Request a copy
BAB IV _ 1924037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (357kB) | Request a copy
BAB V _ 1924037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA _ 1924037.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (166kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efek interaksi reward sebagai variabel moderator memepengaruhi motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika pada siswa SMPN 5 Payung. Penelitian ini memfokuskan hasil belajar hanya pada pelajaran matematika. Motivasi belajar yang timbul dalam diri siswa, yang berkaitan dengan pelajaran matematika, dapat mendorong atau menghambat seseorang dalam peningkatan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden siswa remaja SMPN 5 Payung sebanyak 175 orang. Motivasi belajar diukur dengan menggunakan skala motivasi belajar dan reward diukur menggunakan skala reward. Hasil penelitian tersebut mengindikasikan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar yang di moderator variabel reward memiliki pengaruh negatif. Artinya, semakin sedikit pemberian reward yang diberikan maka akan memperkuat pengaruh antara motivasi belajar dan hasil belajar, dan sebaliknya semakin banyak pemberian reward maka akan memperlemah pengaruh antara motivasi belajar dan hasil belajar. Penelitian ini juga memamparkan implikasi dan saran untuk penelitian
selanjutnya.
INGGRIS
This research was conducted to determine the interaction effect of reward as a
moderator variable influencing learning motivation on mathematics learning
outcomes for students of SMPN 5 Payung. This study focuses on learning outcomes only on mathematics. Learning motivation that arises in students, related to mathematics lessons, can encourage or inhibit someone in improving learning outcomes. This study used a quantitative method with a total of 175 teenage student respondents at SMPN 5 Payung. Learning motivation is measured using a learning motivation scale and rewards are measured using a reward scale. The results of this study indicate that the effect of learning motivation on learning outcomes moderated by the reward variable has a negative effect. That is, the less rewards are given, the stronger the influence between learning motivation and learning outcomes, and conversely, the more rewards, the weaker the influence between learning motivation and learning outcomes. This study also presents implications and suggestions for further research.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | motivasi belajar, reward, hasil belajar |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 155 Psikologi diferensial dan psikologi perkembangan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Psikologi Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | Shilpa Sjhetty Tri Syafitri |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 08:26 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 08:26 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/780 |