Annisa, Annisa (2023) Pengembangan kognitif anak melalui penggunaan batu berwarna di TK Tiara Asoka Desa Terak Kecamatan Simpangkatis. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1812007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1812007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (319kB) | Request a copy
BAB II_1812007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (370kB) | Request a copy
BAB III_1812007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (207kB) | Request a copy
BAB IV_1812007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB) | Request a copy
BAB V_1812007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (8kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1812007.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (14kB) | Request a copy
Abstract
Batu berwarna adalah salah satu media alternatif yang dengan mudah kita dapatkan, dengan mencari sendiri batu yang didaerah kita yang warnanya berbeda atau membeli batu warna warni. Dizaman modern seperti sekarang sangat mudah menemukan alat untuk mengembangkan aspek kognitif anak salah satunya media batu berwarna. Karena perkembangan kognitif merupakan salah satu kemampuan dasar dalam kurikulum PAUD memegang peranan strategis, sehingga perkembangan kognitif dapat meliputi suasana untuk berkembangnya kematangan proses berpikir dan pengetahuan anak sehingga guru dapat memberikan stimulasi yang tepat kepada anak sehingga pembelajaran yang disampaikan bisa dipahami oleh anak. Agar kemampuan kognitif anak bisa berkembang secara optimal.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di TK Tiara Asoka Desa Terak Keacamatan Simpangkatis. Sumber data penelitian ini yakni kepala sekolah dan guru TK Tiara Asoka Desa Terak. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari 3 tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan pengamblan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama penggunaan batu berwarna sudah dilaksanakan dengan baik. Hal tersebut dilihat dari proses pelaksanaan penggunaan batu berwarna yakni: guru melakukan persiapan media batu berwarna, guru menjelaskan macam-macam warna batu, guru membagikan kelompok anak, guru menjelaskan proses dan aturan main. Kedua perkembangan kognitif anak kelompok B di TK Tiara Asoka Desa Terak berkembang sangat baik, perkembangan yang terjadi anak sudah mampu mengenal warna batu berwarna, anak mampu merangkai bentuk pelangi, anak mampu mengenal ukuran, anak mampu merangkai bentuk huruf dengan menggunakan batu berwarna, anak mampu berhitung menggunakan media batu berwarna.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | batu berwarna; perkembangan kognitif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Annisa Annisa |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 06:55 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:55 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/746 |