Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Keunggulan pembelajaran seni baca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Timur

Maulana, Eko (2023) Keunggulan pembelajaran seni baca Al-Qur'an di Pondok Pesantren Nurul Falah Air Mesu Timur. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_2081181.pdf] Text
HALAMAN AWAL_2081181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (868kB)
[thumbnail of BAB I_2081181.pdf] Text
BAB I_2081181.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (532kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_2081181.pdf] Text
BAB II_2081181.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (709kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_2081181.pdf] Text
BAB III_2081181.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_2081181.pdf] Text
BAB IV_2081181.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (708kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_2081181.pdf] Text
BAB V_2081181.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_2081181.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_2081181.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy

Abstract

Seni Baca Al-Qur’an kurang diminati karena media pembelajaran yang digunakan oleh guru yang bersangkutan tidak memiliki kesusaian dengan kecintaan anak didik, akibatnya pembelajaran ini tidak bisa mencapai hasil yang maksimal. Oleh karenanya setiap guru perlu memiliki trik dan gaya yang menarik pada setiap pembelajaran yang dilakukan, dan sangat penting untuk memahami dan menyusuaikan dengan selera atau minat murid yang dihadapi berdasarkan jamannya yakni milenial yang ditandai dengan fungsi peran tehnologi disegala aspek termasuk media pembelajaran yang seharusnya berbasis tehnologi.
Adapun metode penelitian yang dilakukan terhadap studi kasus di atas yaitu melakukan pendekatan partisipatori (action reseach) terhadap inporman yang berhubungan langsung dengan permasalahan tersebut, dan hasilnya menunjukan sebuah perspektif yang jelas berdasarkan fakta bahwa sangat penting adanya sebuah media pembelajaran yang tepat dan menarik bagi setiap guru terutama dalam seni membaca Al-qur’an, jika tidak demikian hasil pembelajaran tidak bisa maksimal sesuai target yang di harapkan pada setiap sekolah.
Metode membaca Al-qur’an dengan sebuah seni atau gaya yang menarik dapat berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar setiap anak didik, merupakan kunci keberhasilan bagi peserta didik khusunya pada kelompok pembaca Al-qur’an, selain itu akan membuat pekerjaan setiap guru menjadi lebih mudah dan maksimal, demikian juga para murid mengikuti pelajaran dengan santai happy dan penuh semangat. Dalam hal ini diperlukan adanya kerjasama secara produktif dan baik antara pengelolah lembaga, para guru sebagai tenaga pengajar sekaligus sebagai pendidik, dan juga diperlukan adanya kedekatan antara semua pihak terhadap anak didik yang berada didalam pengawasan sebuah Pondok Pesantren tersebut, penanggungjawab sekolah senantiasa malakukan minotoring terhadap jalannya pembelajaran, memastikan tercapainya hasil belajar peserta didik sebagaimana yang sudah menjadi harapan lembaga tersebut berdasarkan visi dan misi Pondok Pesantren Nurul Falah Airmesu.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: keutamaan metode seni baca Al-qur’an
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selpi Egitya
Date Deposited: 12 Jun 2023 03:49
Last Modified: 12 Jun 2023 03:49
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/724

Actions (login required)

View Item
View Item