Lastari, Mika (2022) Strategi pemasaran produk tabungan iB Muamalat Prima berhadiah pada Bank Muamalat Indonesia cabang Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1531068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I _ 1531068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
BAB II _ 1531068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (265kB) | Request a copy
BAB III _ 1531068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (150kB) | Request a copy
BAB IV _ 1531068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (277kB) | Request a copy
BAB V _ 1531068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (78kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA _1531068.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (138kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Bank akan melakukan strategi pemasaran yang bertujuan untuk mendapatkan laba serta memperkenalkan produk tabungan ke masyarakat. Begitupun dengan Bank Muamalat Indonesia Cabang Pangkalpinang dengan produk yang diminati masyarakat yaitu tabungan ib muamalat prima berhadiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk tabungan ib muamalat prima berhadiah pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Pangkalpinang dan faktor-faktor kendala bank dalam memasarkan produknya.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan secara primer yang menggunakan metode kualitatif. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan konsep Miles dan Huberman untuk analisis data yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) strategi yang diterapkan Bank dalam memasarkan produk tabungan iB muamalat prima berhadiah telah sesuai secara syariah menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) tujuh p, yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion), people, proses dan Phisical Evidence/. Tidak hanya menerapkan marketing mix secara umum Bank Muamalat Indonesia Cabang Pangkalpinang juga menerapkan pemasaran syariah, yaitu Teitis (Rabbaniyah), Etis (Akhlaqiyah), Realistis (Al-Waqi’yah), dan Humanistis (Al-Insaniyah). Dalam strateginya menggunakan strategi menjemput bola, dengan datang langsung ke rumah-rumah calon nasabahnya. (2) faktor-faktor kendala bank dalam memasarkan produk tabungan ib muamalat prima berhadiah adalah Faktor internalnya, yaitu perluasan jariangan kantor, Peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Sumber daya insani perbankan syariah yang profesional, amanah, dan berkualitas belum sepenuhnya tersedia. Dan faktor eksternalnya, yaitu kurangnya pengetahuan masyarakat akan produk tabungan ib muamalat prima berhadiah, tidak semua calon nasabah merespon dengan baik saat marketing mempromosikan produk, dan kondisi perokonomian. Dalam kondisi saat ini yang menjadi masalah adalah disebabkan adanya pandemi virus Covid-l9 yang melanda lndonesia saat ini menjadi dampak bagi kegiatan pemasaran Bank Muamalat Indonesia Cabang Pangkalpinang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi; pemasaran; tabungan ib muamalat prima berhadiah |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan > Bank/Perbankan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Mika Lastari |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:07 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:07 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/718 |