Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Pengaruh faktor lingkungan, instrumental, fisiologis, dan psikologis terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka

Yolensia, Viska (2023) Pengaruh faktor lingkungan, instrumental, fisiologis, dan psikologis terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_2081188.pdf] Text
Halaman Awal_2081188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)
[thumbnail of BAB I_2081188.pdf] Text
BAB I_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (565kB)
[thumbnail of BAB II_2081188.pdf] Text
BAB II_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[thumbnail of BAB III_2081188.pdf] Text
BAB III_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (951kB)
[thumbnail of BAB IV_2081188.pdf] Text
BAB IV_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V_2081188.pdf] Text
BAB V_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka_2081188.pdf] Text
Daftar Pustaka_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)

Abstract

Prestasi belajar adalah hasil penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam ‎bidang studi tertentu setelah mengikuti proses belajar mengajar. Prestasi belajar ‎siswa dapat diketahui dengan mengadakan proses penilaian atau pengukuran ‎melalui kegiatan evaluasi. Alat evaluasi dalam pengukuran prestasi belajar berupa ‎tes yang telah disusun dengan baik sesuai standar yang dikehendaki, sehingga ‎hasil evaluasi dapat menggambarkan pencapaian siswa dengan melihat ‎kemampuannya.‎
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor ‎lingkungan, instrumental, fisiologis, dan psikologis terhadap prestasi belajar siswa ‎Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka Tahun Pelajaran 2022/2023. ‎
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian dengan menggunakan ‎metode penelitian kuantitatif dengan sampel 77 siswa kelas X dan XI. Teknik ‎pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random atau acak yaitu ‎menggunakan cluster random sampling karena populasinya berasal dari berbagai ‎kelas di MAN 1 Bangka.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah ‎angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya ‎menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.‎
‎ Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan ‎mempunyai pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 ‎artinya pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 ‎lebih besar dari t tabel sebesar 1,993 (2,969 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung ‎sebesar 0,004 lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,004 < 0,005), hal ini menunjukkan ‎bahwa ada pengaruh secara parsial antara faktor lingkungan terhadap prestasi ‎belajar siswa MAN (Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka). Berdasarkan hasil ‎pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang ‎kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 artinya pengaruh kuat, tetapi ‎secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel sebesar ‎‎3,714 (3,714 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung sebesar 0,000 lebih kecil dari α ‎sebesar 0,05 ( 0,000 < 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara ‎parsial antara faktor instrumental terhadap prestasi belajar siswa MAN (Madrasah ‎Aliyah Negeri 1 Bangka). Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel ‎faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi ‎‎(R²) sebesar 0,788 artinya pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung ‎sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel sebesar 2,585 (2,585 > 1,993) dan nilai ‎signifikasi hitung sebesar 0,012 lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,012 < 0,005), hal ‎ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara kondisi fisiologis ‎terhadap prestasi belajar siswa MAN (Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka). ‎Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan mempunyai ‎pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 artinya ‎pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar ‎dari t tabel sebesar 2,657 (2,657 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung sebesar 0,010 ‎lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,010 < 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada ‎pengaruh secara parsial antara kondisi psikologis terhadap prestasi belajar siswa ‎Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka.‎

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: lingkungan; instrumental; fisiologis; psikologis
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Selpi Egitya
Date Deposited: 09 Jun 2023 09:00
Last Modified: 03 Jan 2024 04:31
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/696

Actions (login required)

View Item
View Item