Yolensia, Viska (2023) Pengaruh faktor lingkungan, instrumental, fisiologis, dan psikologis terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_2081188.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (565kB)
BAB II_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (439kB)
BAB III_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (951kB)
BAB IV_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
BAB V_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (161kB)
Daftar Pustaka_2081188.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (129kB)
Abstract
Prestasi belajar adalah hasil penguasaan yang dicapai oleh siswa dalam bidang studi tertentu setelah mengikuti proses belajar mengajar. Prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan mengadakan proses penilaian atau pengukuran melalui kegiatan evaluasi. Alat evaluasi dalam pengukuran prestasi belajar berupa tes yang telah disusun dengan baik sesuai standar yang dikehendaki, sehingga hasil evaluasi dapat menggambarkan pencapaian siswa dengan melihat kemampuannya.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan, instrumental, fisiologis, dan psikologis terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan sampel 77 siswa kelas X dan XI. Teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random atau acak yaitu menggunakan cluster random sampling karena populasinya berasal dari berbagai kelas di MAN 1 Bangka.. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas.
Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 artinya pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel sebesar 1,993 (2,969 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung sebesar 0,004 lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,004 < 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara faktor lingkungan terhadap prestasi belajar siswa MAN (Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka). Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 artinya pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel sebesar 3,714 (3,714 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung sebesar 0,000 lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,000 < 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara faktor instrumental terhadap prestasi belajar siswa MAN (Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka). Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 artinya pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel sebesar 2,585 (2,585 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung sebesar 0,012 lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,012 < 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara kondisi fisiologis terhadap prestasi belajar siswa MAN (Madrasah Aliyah Negeri 1 Bangka). Berdasarkan hasil pengujian didapat bahwa variabel faktor lingkungan mempunyai pengaruh yang kuat berupa koefisien determinasi (R²) sebesar 0,788 artinya pengaruh kuat, tetapi secara parsial dengan nilai t hitung sebesar 2,969 lebih besar dari t tabel sebesar 2,657 (2,657 > 1,993) dan nilai signifikasi hitung sebesar 0,010 lebih kecil dari α sebesar 0,05 ( 0,010 < 0,005), hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial antara kondisi psikologis terhadap prestasi belajar siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Bangka.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | lingkungan; instrumental; fisiologis; psikologis |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 100 Filsafat > 107 Pendidikan, penelitian, topik terkait filsafat 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 09:00 |
Last Modified: | 03 Jan 2024 04:31 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/696 |