Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Strategi pembelajaran guru pada materi Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Toboali

Riskiani, Evi (2023) Strategi pembelajaran guru pada materi Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik tunagrahita di SLB Negeri Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of SKRIPSI HALAMAN_AWAL__1811064.pdf] Text
SKRIPSI HALAMAN_AWAL__1811064.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (843kB)
[thumbnail of SKRIPSI BAB I_1811064.pdf] Text
SKRIPSI BAB I_1811064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAB II_1811064.pdf] Text
SKRIPSI BAB II_1811064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (817kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAB III_1811064.pdf] Text
SKRIPSI BAB III_1811064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (772kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAB IV_1811064.pdf] Text
SKRIPSI BAB IV_1811064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (880kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI BAB V_1811064.pdf] Text
SKRIPSI BAB V_1811064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[thumbnail of SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA_1811064.pdf] Text
SKRIPSI DAFTAR PUSTAKA_1811064.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (766kB) | Request a copy

Abstract

Anak tunagrahita memiliki masalah salah satu dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam diperlukan penyampaian materi pelajaran yang tepat, kurangnya buku-buku ajar pembelajaran agama Islam bagi anak-anak berkebutuhan khusus di hampir semua sekolah luar biasa. Ditambah sarana/prasarana yang belum memadai dan kemampuan Pendidik Pgama Islam dalam menggunakan strategi yang masih dirasakan kurang relevan dengan perlakuan yang seharusnya diterima oleh anak berkebutuhan khusus. Tunagrahita merupakan sebutan bagi orang-orang dengan kemampuan intelektual dan kognitif yang berada di bawah rata-rata dibandingkan orang pada umumnya. Kondisi ini biasanya terdeteksi sejak masa kanak-kanak, tetapi bisa pula muncul ketika dewasa. Anak tunagrahita dapat dikenali dari proses berpikir dan belajar yang lebih lambat dibandingkan anak-anak lain seusianya. Tak hanya itu, seorang anak tunagrahita juga kurang cakap dalam mempraktikkan keterampilan saat menjalani kegiatan sehari-hari secara normal. Untuk mengajarkan anak tunagrahita juga beda pada anak lainnya, karena harus bersabar dan teliti dalam mengajar dan membimbing. Maka dari itu strategi pembelajaran untuk anak tunagrahita juga harus tepat.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran yang digunakan bagi anak tunagrahita di SLB Negeri Toboali. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Sumber data diambil dari beberapa informan yaitu: kepala sekolah, guru PAI tunagrahita dan siswa tunagrahita. Data penelitian diambil melalui wawancara kepada seluruh informan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada dua hasil yaitu 1) Strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam pada materi PAI bagi peserta didik tunagrahita, memiliki strategi pembelajaran langsung, cooperative learning, tutor sebaya, 2) Hasil strategi pembelajaran tunagrahita terhadap materi PAI, melalui pendekatan dan strategi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: strategi; pembelajaran PAI; anak tunagrahita
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Evi Riskiani
Date Deposited: 12 Jun 2023 07:58
Last Modified: 12 Jun 2023 07:58
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/694

Actions (login required)

View Item
View Item