Maulana, Maulana (2023) Peran layanan konseling kelompok berbasis nilai-nilai Islam dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kelapa. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1715012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1715012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (694kB) | Request a copy
BAB II_1715012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (701kB) | Request a copy
BAB III_1715012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (194kB) | Request a copy
BAB IV_1715012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (444kB) | Request a copy
BAB V_1715012.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (14kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1715012.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only
Download (118kB) | Request a copy
Abstract
Kepercayaan diri adalah suatu hal yang ada dalam diri kamu atau rasa mampu untuk mewujudkan sesuatu dengan segala kemampuan yang dimiliki. Namun, dalam hal ini diketahui bahwa kelas XI IPA 2 di SMA Negeri 1 Kelapa merasa tidak mampu dengan kemampuan mereka sendiri dalam melakukan sesuatu dan merasa minder. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana peran layanan konseling kelompok yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan apa saja faktor penghambat dan faktor pendukung dari layanan yang diberikan.
Adapun jenis penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Kelapa. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Setelah dilakukan penelitian ini, diperoleh hasil bahwa peran layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik cukup efektif, dengan memberikan layanan informasi, belajar, bertukar pikiran, berpendapat, bermain untuk mencairkan suasana belajar. Faktor penghambatnya adalah tidak bisa berfokus ke satu peserta didik, faktor pendukungnya dengan dilakukannya layanan kelompok atau secara bersama-sama mereka bisa mencari solusi bersama-sama dengan waktu yang singkat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | layanan konseling kelompok; kepercayaan diri |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | MAULANA MAULANA |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:40 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/678 |