Aulia, Fahrunnisa (2023) Pemanfaatan taman lingkungan sekolah sebagai sarana pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas IV di Sekolah Alam Kacang Pedang Pangkal Pinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1511045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (4MB)
BAB I_1511045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (252kB)
BAB II_1511045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (382kB)
BAB III_1511045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (26kB)
BAB IV_1511045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (286kB)
BAB V_1511045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (10kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (131kB)
Abstract
Metode ceramah membuat jenuh, karena guru hanya menerangkan tanpa melihat peserta didik aktif dalam pembelajaran. Padahal pembelajaran PAI seharusnya melibatkan siswa untuk aktif dalam pembelajaran Sekolah Alam Bangka Belitung diperoleh keterangan bahwa guru memanfaatkan lingkungan sebagai salah satu sumber pada mata pelajaran, khususnya pada mata pelajaran PAI yang berkaitan langsung dengan alam dan segala isinya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari informan yaitu guru pendidikan agama islam, orang tua siswa, siswa dan kepala sekolah di sekolah alam kacang pedang pangkalpinang. Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi guna untuk mengumpulkan data yang berhubungan dengan tujuan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan taman lingkungan sekolah merupakan sarana yang efektif dalam meningkatkan kualitas belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam, penerapan taman lingkungan sekolah dapat meningkatklan kualitas belajar siswa berjalan dengan baik, penerapan taman lingkungan sekolah tersebut membuat siswa nyaman dalam belajar. Adapun dampak positif dan negatif dari taman lingkungan sekolah siswa menjadi lebih semangat ketika mengikuti pembelajaran dan siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan oleh guru jika dibandingkan didalam kelas mereka cepat merasakan jenuh dan bosan ketika mendengarkan guru menjelaskan pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | taman lingkungan sekolah; sarana pembelajaran; PAI |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.0 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Fahrunnisa Aulia |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:56 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 08:02 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/674 |