Widiya, Widiya (2023) Pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap minat belajar mata pelajaran akidah akhlak di MTs At-Tajribah Labu kelas VIII dan IX tahun 2022. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811230.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (879kB)
BAB I_1811230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (569kB) | Request a copy
BAB II_1811230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (569kB) | Request a copy
BAB III_1811230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (770kB) | Request a copy
BAB IV_1811230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (427kB) | Request a copy
BAB V_1811230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (154kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811230.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (189kB) | Request a copy
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu masih ada sebagian dari peserta didik saat belajar di kelas yang ketahuan sedang bermain game online di Handphone, sedangkam peraturan di sekolah tidak memperboleh peserta didik membawa Handphone apalagi sampai bermain game online,. Peserta didik juga kurang bersemangat seperti tidak berminat untuk belajar dan kurang memperhatikan guru ketika menjelaskan pembelajaran yang sedang berlangsung. Tujuan peneliti memilih judul ini adalah untuk mengetahui pengaruh kebiasaan bermain game online terhadap minat belajar mata pelajaran akidah akhlak di MTs At-Tajribah Labu kelas VIII dan IX Tahun 2022.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu penelitian untuk menguji suatu teori tertentu dengan meneliti keterkaitan antar variabel. Lokasi Penelitian ini dilakukan di sebuah lembaga pendidikan yaitu di MTs At-Tajribah Labu, yang beralamat di Jl. Sekolah Desa Labu, Kecamatan Puding Besar, Kabupaten Bangka Provinsi Kep. Bangka Belitung. Standar Madrasah yaitu Swasta atau Yayasan. Teknik sampel penelitian ini adalah teknik sampel jenuh yang terdiri dari 40 peserta didik. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan teknik analisis data menggunakan regrasi linear sederhana.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan bermain game online terhadap minat belajar mata pelajaran akidah akhlak di MTs At-Tajribah Labu. Hasil yang diperoleh dari analisis data nilai thitung sebesar 3,263, sedangkan ttabel sebesar 1,686. Jadi thitung (3,263) > ttabel (1,686), artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Pada persamaan regresi diperoleh nilai a sebesar 53,217 dan nilai b sebesar 0,369, dari hal ini koefisien regresi memiliki sifat positif. Pada uji koefisien determinasi yaitu untuk melihat seberapa besar pengaruh kebiasaaan bermain game online terhadap minat belajar mata pelajaran akidah akhlak, hasil yang diperoleh sebesar 21,9%. Sedangkan sisanya 78,1% merupakan sumbangsi dari variabel lain yang berhubungan dengan minat belajar siswa di sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kebiasaan bermain game online; minat belajar. |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi > 370.1 Filsafat dan Teori Pendidikan; filsafat pendidikan, pendidikan umum; pedadogy/pedagogi/pedagogik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Widiya Widiya |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:56 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:56 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/672 |