Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi metode bercerita dalam mengembangkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK IT Cahaya Toboali

Anriani, Sopa (2023) Implementasi metode bercerita dalam mengembangkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK IT Cahaya Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of Halaman Awal_1712055.pdf] Text
Halaman Awal_1712055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1712055.pdf] Text
BAB I_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (198kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II_1712055.pdf] Text
BAB II_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (228kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III_1712055.pdf] Text
BAB III_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV_1712055.pdf] Text
BAB IV_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V_1712055.pdf] Text
BAB V_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1712055.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA:
Metode bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain. Sedangkan bahasa ekspresif adalah bahasa lisan dimana mimik, intonasi, dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresf anak usia 5-6 tahun di TK IT Cahaya Toboali.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh mengenai implementasi metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu dengan melakukan reduksi data atau memilih yang dianggap penting, membuang data yang tidak dibutuhkan dan menyajikan yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulannya.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh guru, yaitu tahap perencanaan yang terdiri dari program kegiatan PAUD, RPPM, dan RPPH, tahap pelaksanaan terdiri dari beberapa langkah-langkah dalam metode bercerita, yaitu guru mempersiapkan kegiatan bercerita sesuai dengan tema dan tujuan, guru menyediakan media/bahan, guru memberikan kesempatan dan tahap evaluasi. Hasil implementasi metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun yaitu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks BSB ada 5 anak, menyebutkan kelompok gambar bunyi suku kata awal yang sama BSH 4 anak, berkomunikasi secara lisan BSB ada 10 anak, menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap BSH ada 5 anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: metode bercerita, kemampuan bahasa ekspresif
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa
Depositing User: Sopa Anriani
Date Deposited: 12 Jun 2023 02:30
Last Modified: 12 Jun 2023 02:30
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/670

Actions (login required)

View Item
View Item