Anriani, Sopa (2023) Implementasi metode bercerita dalam mengembangkan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun di TK IT Cahaya Toboali. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1712055.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB I_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (198kB) | Request a copy
BAB II_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (228kB) | Request a copy
BAB III_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (188kB) | Request a copy
BAB IV_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (574kB) | Request a copy
BAB V_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (88kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1712055.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (165kB) | Request a copy
Abstract
INDONESIA:
Metode bercerita adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang secara lisan kepada orang lain. Sedangkan bahasa ekspresif adalah bahasa lisan dimana mimik, intonasi, dan gerakan tubuh dapat bercampur menjadi satu untuk mendukung komunikasi yang dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresf anak usia 5-6 tahun di TK IT Cahaya Toboali.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu dengan memberikan hasil penelitian dengan mendeskripsikan dan memaparkan data-data yang diperoleh mengenai implementasi metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan 3 tahapan yaitu dengan melakukan reduksi data atau memilih yang dianggap penting, membuang data yang tidak dibutuhkan dan menyajikan yang sudah dipilih sehingga dapat ditarik kesimpulannya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa tahapan yang dilakukan oleh guru, yaitu tahap perencanaan yang terdiri dari program kegiatan PAUD, RPPM, dan RPPH, tahap pelaksanaan terdiri dari beberapa langkah-langkah dalam metode bercerita, yaitu guru mempersiapkan kegiatan bercerita sesuai dengan tema dan tujuan, guru menyediakan media/bahan, guru memberikan kesempatan dan tahap evaluasi. Hasil implementasi metode bercerita dalam mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak usia 5-6 tahun yaitu menjawab pertanyaan yang lebih kompleks BSB ada 5 anak, menyebutkan kelompok gambar bunyi suku kata awal yang sama BSH 4 anak, berkomunikasi secara lisan BSB ada 10 anak, menyusun kalimat sederhana dalam struktur lengkap BSH ada 5 anak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode bercerita, kemampuan bahasa ekspresif |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sopa Anriani |
Date Deposited: | 12 Jun 2023 02:30 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 02:30 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/670 |