Nur, Febyani (2023) Metode demonstrasi dalam meningkatkan keterampilan wudhu dan tayamum pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 4 Air Gegas. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (264kB) | Request a copy
BAB II_1811144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (455kB) | Request a copy
BAB III_1811144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (377kB) | Request a copy
BAB IV_1811144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (413kB) | Request a copy
BAB V_1811144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (133kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1811144.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (195kB) | Request a copy
Abstract
Metode merupakan salah satu komponen Pendidikan yang sangat penting dan besar peranannya dalam memperoleh keberhasilan pendidikan. Oleh karena itu seorang guru diharapkan dapat memilih metode yang tepat, sehingga metode-metode tersebut dapat berfungsi secara efektif dalam pencapaian tujuan pendidikan yang telah ditetapkan. Penggunaan metode demonstrasi sebagai salah satu metode mengajar dengan menggunakan peragaan untuk memperjelas suatu pengertian atau untuk memperlihatkan bagaimana melakukan sesuatu dengan jalan mendemonstrasikan terlebih dahulu kepada peserta didik. Agar materi dapat berjalan dengan efektif dan efesien, maka materi yang didemosntrasikan perlu diterapkan oleh peserta didik dalam kehidupan sehari-hari maupun dengan latihan yang kontinyu sehingga peserta didik tidak lupa.
Penelitian ini dilaksanakan di SDN 4 Air Gegas pada bulan September 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Sampel penelitiannya berjumlah 20 peserta didik pada masing-masing kelas eksperimen dan 20 peserta didik pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu eefale mining.
Hasil penelitian tahapan awal yaitu sebelum menggunakan metode demonstrasi pada tahap pretest menggunakan metode konvesional ceramah dan tanya jawab keterampilan berwudhu dan tayamum, peserta didik masih kurang dengan dengan persentase 20% yang memiliki katagori tinggi, hasil pada tahap kedua yaitu setelah menggunakan metode demonstrasi posttest keterampilan berwudhu dan tayamum mengalami peningkatan dengan dengan persentase 70% yang memiliki katagori tinggi, jadi dari hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan terhadap peserta didik sesudah menggunakan metode demonstrasi atau tahap posttest dengan jumlah presentasi 70%. Sebagaimana hasil dari uji hipotesis dengan menggunakan software SPSS 24 diperoleh Sig < α yaitu 0,000 < 0,05. Berarti Ho ditolak dan H1 diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode demonstras; keterampilan berwudhu; tayamum |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan, Ilmu Pendidikan, Ilmu Kependidikan, Edukasi, Ilmu Edukasi 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | NUR FEBYANI |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 03:38 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 03:38 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/664 |