Lestari, Puspa (2022) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_1815054.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (984kB)
BAB I_1815054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (537kB) | Request a copy
BAB II_1815054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (483kB) | Request a copy
BAB III_1815054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB IV_1815054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (511kB) | Request a copy
BAB V_1815054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (268kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_1815054.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (366kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di sekolah MTs Negeri 2 Bangka mengenai keharmonisan keluarga dan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik, dimana tidak sedikit peserta didik yang mempunyai motivasi belajar rendah, hal ini terlihat oleh guru BK dari proses belajar mengajar di kelas. Salah satu faktor rendahnya motivasi tersebut adalah kurangnya perhatian dari orang tua terhadap anak dikarenakan orang tua sibuk bekerja, serta perkelahian orang tua di depan anak.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian asosiatif kausal yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara dua atau lebih variabel. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah angket dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas IX di MTs Negeri 2 Bangka dengan teknik simple random sampling. Sedangkan analisis data melalui beberapa tahapan yakni uji analisis data, uji kecenderungan data, uji prasyarat analisis serta uji hipotesis.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keharmonisan keluarga terhadap motivasi belajar peserta didik di MTs Negeri 2 Bangka. Hal tersebut terlihat dari persamaan regresi linier sederhana pada penelitian yakni Y = 22,369 + 0,362X, artinya nilai morivasi belajar peserta didik awalnya 22,369 akan mengalami pertambahan menjadi 0,362 apabila nilai keharmonisan keluarga peserta didik meningkan 1%. Serta nilai koefisien determinasi yang menyatakan bahwa 19,1% motivasi belajar peserta didik dipengaruhi oleh keharmonisan keluarga, sedangkan 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keharmonisan Keluarga; Motivasi Belajar |
Subjects: | 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 152 Persepsi sensorik, gerakan, emosi, dan dorongan fisiologis 600 – Teknologi (Ilmu Terapan) > 640 Manajemen rumah dan keluarga > 640 Manajemen rumah dan keluarga |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Puspa Lestari |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 07:23 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 07:23 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/654 |