Riskia, Riskia (2022) Kreativita guru fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah di Kabupaten Bangka Barat. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddk.
Halaman Awal_1711152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (520kB)
BAB I_1711152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (249kB) | Request a copy
BAB II_1711152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (445kB) | Request a copy
BAB III_1711152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (108kB) | Request a copy
BAB IV_1711152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (386kB) | Request a copy
BAB V_1711152.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (235kB) | Request a copy
Abstract
Kreativitas ialah kemampuan yang dimiliki seorang guru dalam berpikir dan bertindak dalam menemukan ide-ide baru untuk mengelola proses pembelajaran dengan memadukan berbagai hal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru pada fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di MA dikabupaten Bangka Barat, dan faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di MA dikabupaten Bangka Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yang mana penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana kreativitas guru fikih dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di MA dikabupaten Bangka Barat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu, observasi dalam penelitian ini menggunakan teknik non partisipan, wawancara yang digunakan adalah semi terstruktur, dan dokumentasi berupa foto. adapun teknik analisi data yaitu, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan dan verifikasi subjek yang diteliti adalah guru fikih.
Hasil dalam penelitian ini, yaitu kreativitas guru fikih guru sudah mengoptimalkan kreativitasnya dalam mengembangkan strategi pembelajaran student active learning, metode pembelajaran metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, langsung kealam, dan pemberian tugas kelompok membuat mindmap lalu dipresentasikan didepan teman kelas, Pada penggunaan media pembelajaran dengan menerapkan media buku cetak dan juga dengan menggunakan laptop serta menggunakan proyektor dimana penggunaan laptop ini untuk menampilkan gambar-gambar atau video, dan materi pembelejaran yang sudah dibuat powerpoint, evaluasi pembelajaran yaitu mengerjakan soal pilihan ganda dan esai, dan juga dengan kerja kelompok, dengan adanya kreativitaas guru tersebut minat belajar siswa lebih meningkat. Adapun faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru pada pembelajaran fiqih dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas XI di Madrasah Aliyah dikabupaten Bangka Barat, yaitu dengan adanya keaktifan guru dalam berdiskusi dan saling sharing dengan guru lain, kerjasama guru dan saling memberikan motivasi antar guru sesame guru. Sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung guru berkreativitas. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kemampuan guru dalam penggunaan teknologi modern dan bisa juga dengan sifat dan cara belajar siswa yang berbeda-beda dalam satu kelas, Serta fasilitas sekolah yang tersedia.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | kreativitas; guru fikih; minat belajar |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.14 Ilmu Fikih/Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Riskia Riskia |
Date Deposited: | 09 Jun 2023 02:43 |
Last Modified: | 09 Jun 2023 02:43 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/641 |