Mulyani, Desti Okta (2023) Peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan spiritual quotient (SQ) peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL_1811045.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (610kB) | Request a copy
BAB II_1811045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (617kB) | Request a copy
BAlB III_1811045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (492kB) | Request a copy
BAB IV_1811045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (593kB) | Request a copy
BAB V_1811045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (257kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811045.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (369kB) | Request a copy
Abstract
Spritual Quotient (SQ) atau kecerdasan spiritual ditalndali dengaln kemalmpualn seoralng alnalk untuk bisal menghalrgali dirinyal sendiri malupun oralng lalin, memalhalmi peralsalaln oralng di sekelilingnyal. SQ tidalk halnyal dialrtikaln terbaltals dallalm raljin sholalt, raljin beribaldalh, raljin ke malsjid daln ibaldalh lalinnyal. Nalmun, SQ tersebut kemalmpualn seoralng untuk memberikaln malknal paldal kehidupaln yang lebih luas dibandingkan lainnya. SQ juga dikatakan kemampuan jiwa yang dimiliki seseorang untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang positif. Maka dari itu, peran seorang guru sangat penting dalam memberikan contoh yang baik kepada peserta didik di lingkungan sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan SQ peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bangka dan kegiatan guru mata pelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan SQ peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bangka. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data diambil dari beberapa informan yaitu : kepala sekolah, guru mata pelajaran akidah akhlak dan peserta didik kelas VII. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bangka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru mata pelajaran akidah akhlak dalam mengembangkan SQ peserta didik kelas VII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Bangka yaitu a) guru sebagai pembimbing yaitu membimbing peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran, b) guru sebagai fasilitator yaitu menyediakan fasilitas yang memudahkan peserta didik dalam suatu kegiatan, c) guru sebagai motivator yaitu memberikan nasehat kepada peserta didik, d) guru sebagai evaluator yaitu menilai sikap, pengetahuan dan kererampilan peserta didik, e) guru sebagai inovator yaitu mampu menciptakan suasana yang lebih menyenangkan supaya mudah dimengerti oleh peserta didik, serta dengan mengajarkan hal-hal tentang arti kehidupan seperti belajar ikhlas dan menerima keadaan. Sedangkan kegiatan guru akidah akhlak dalam mengembangkan SQ peserta didik kelas VII yaitu dengan mengajarkan peserta didik tentang nilai-nilai spiritual seperti mengucapkan salam, sopan santun, melafalkan asmaul husna setiap awal pembelajaran, kegiatan yang menanamkan kejujuran, kedisiplinan serta melatih peserta didik untuk bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | guru mata pelajaran akidah akhlak, spiritual quotient (SQ) |
Subjects: | 200 – Agama > 290 Agama lainnya > 297 Agama Islam > 297.5 Etika Islam; Praktik Keagamaan 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Desti Okta Mulyani |
Date Deposited: | 07 Jun 2023 04:49 |
Last Modified: | 07 Jun 2023 04:49 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/581 |