Sumarni, Sumarni (2023) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik Kelas V di SD Negeri 2 Puding Besar Bangka. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_1811272.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1811272.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (447kB) | Request a copy
BAB II_1811272.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (603kB) | Request a copy
BAB III_1811272.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (579kB) | Request a copy
BAB IV_1811272.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (602kB) | Request a copy
BAB V_1811272.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (187kB) | Request a copy
DAFTAR PUSTAKA_1811272.docx - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (18kB) | Request a copy
Abstract
Model pembelajaran adalah bentuk pembelajaran yang bergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khasoleh pendidik. Pendidikan Agama Islam merupakan pelajaran yang memberikan pengetahuan kognitif dan efektif. Pendidikan Agama Islam tidak hanya untuk menyampaikan materi, memiliki tanggung jawab besar dalam mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Problem based learning terhadap hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V di SDN 2 Puding Besar.
Metode penelitian yang digunakan merupakan metode eksperimen melalui kelas eksperimen dan kontrol yang terdiri dari 44 responden dengan 30 butir pertanyaan menggunakan teknik analisis data independent simple t-test. Hasil validasi instrument hasil belajar pendidikan Agama Islam menunjukan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,853.
Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan mengenai pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas V SDN 2 Puding Besar dapat disimpulkan bahwa problem based learning lebih berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini dapat dilihat pada hasil data uji t tes untuk mengetahui pengaruh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan memperoleh sig (2- tailed) sebesar 0,00 dalam dasar pengambilan keputusan jika 0,00 lebih kecil dari 0,05 berarti terdapat pengaruh yang signifikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode pembelajaran; hasil belajar pendidikan agama Islam |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Sumarni Sumarni |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 04:45 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 04:45 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/562 |