Tantri, Tantri (2023) Sinergitas guru dan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar siswa di MI Negeri 2 Kota Pangkalpinang. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_218101009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (849kB)
BAB I_218101009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (915kB) | Request a copy
BAB II_218101009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (914kB) | Request a copy
BAB III_218101009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (913kB) | Request a copy
BAB IV_218101009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (339kB) | Request a copy
BAB V_218101009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (912kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_218101009.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (912kB) | Request a copy
Abstract
"Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia yang lebih baik, pendidikan merupakan salah satu wahana untuk memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap individu, namun peran guru dan orang tua sangat signifikan sekali untuk menjalin hubungan dalam menyukseskan sistem pendidikan yang baik.. Fenomena yang terjadi, sebagian besar siswa kelas VI khususnya yang ada di MI Negeri 2 Kota Pangkalpinang prestasi belajar yang dimiliki belum seperti yang diharapkan. Oleh karena peran guru dan orang tua sangat diperlukan sehingga dapatkan menumbuhkan sinergitas yang baik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tentang sinergitas guru dan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar siswa, 2) Menelusuri tentang problema yang dihadapi siswa sehingga belum maksimalnya prestasi, dan 3) Mengetahui implementasi bentuk kerja sama orang tua dan guru dalam peningkatan prestasi belajar siswa.
Adapun penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif dengan subyek penelitian sebagian guru, wali murid, dan siswa, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan yang terlibat dalam wawancara sebanyak 19 narasumber dengan berbagai profesi, dan teknik analisa yang digunakan dengan reduksi, penyajian dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan positif yang sangat signifikan bagi peserta didik, yaitu perubahan dalam belajar yang dikarenakan adanya dari sinergitas guru dan orang tua dalam peningkatan prestasi belajar siswa."
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | sinergitas; prestasi belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.8 Anak Didik, Murid, Siswa, Pelajar 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.1 Guru, Tenaga Pendidik, Tenaga Pengajar, Ahli Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Selpi Egitya |
Date Deposited: | 30 May 2023 08:51 |
Last Modified: | 30 May 2023 08:51 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/547 |