Laiila, Laila (2023) Implementasi konseling individu dengan pendekatan behavioral dalam menanggulangi perilaku membolos peserta didik di SMA Negeri 1 Pangkalan Baru. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman awal_1921021-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (1MB)
BAB I_1921021 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB II_1921021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
BAB III_1921021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
BAB IV_1921021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
BAB V_1921021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (471kB)
DAFTAR PUSTAKA_1921021.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini merupakan suatu kegiatan yang memperlihatkan bagaimana
implementasi serta hasil dari konselinq individu dengan pendekatan behavioral dalam menanggulangi kenakalan peserta didik di SMA Negeri i Pangkalan Baru. Denuan pendekatan ini guru bimbingan dan konseling memberikan bantuan serta menanggulangi kenakalan-kenakalan yang dilakukan oleh peserta didik. Konseling sangatlah dibutuhkan dalam membantu peseua didik yang sedanu mengalami masalah. Masalah-rnasalah yang sering dilakukan oleh peserta didik misalnya seperti membolos, merokok. datanu terambat, dan jarang mengerjakan tugas-tugas sekolah. Kegiatan konseling di sekolah diperlukan karena peserta didik dengan rentang usia enam belas hingua sembilan belas tahun akan sangat rentan terpengaruh dengan kondisi lingkungan pergaulannya yang mengakibatkan peserta didik mengalami masalah-masalah tersebut.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, penggunaan jenis penelitian kualitatif ini bertujuan untuk menghasilkan laporan penelitian dalam bentuk deskripsi-deskripsi data yang sebelumnya sudah dikumpulkan pada saat pelaksanaan penelitian. Dalam hal ini peneliti mengumpulkan data melalui observasi. wawancaia, serta dokumentasi. Untuk analisis data. peneliti menggunakan model domain versi S›rndle; .
Dalam implementasi konseling individu dengan pendekatan behavioral yang menqgunakan teknik aversioii yang diterapkan oleh guru binibingan dan konseling ini telah menghasilkan hasil yang cukup berpengaruh pada peserta didik contohnya saja peserta didik yang sering membolos setelah diberikan konseling peserta didik tersebut sudah tidak lagi membolos. Peserta didik yang sudah diberikan konselinp terjadi perubahan dalam kehidupan sehari-harinya dan dalam menjalankan pendidikan di sekolah. Namun, ada juga beberapa peserta didik yang gagal dalam merubah perilaku setelah diberikan konseling dengan pendekatan behavioral. Keeagalan ini dikarenakan sulitnya peserta didik untuk diberikan pemahaman walaupun sudah diberikan hukuman sesuai dengan teknik oversioii dalam pendekatan behavioral untuk mengubah perilakunya
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | lmplementasi konseling individu; pendekatan behavioral; teknik aversion |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir |
Depositing User: | lai la |
Date Deposited: | 29 May 2023 05:17 |
Last Modified: | 29 May 2023 05:18 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/536 |