Search for collections on IAIN SAS Babel Repository

Implementasi bimbingan karir sebagai upaya mengembangkan potensi diri pada siswa tunarungu di SMA-LB Negeri Pangkalpinang

Maulidia, Maulidia (2023) Implementasi bimbingan karir sebagai upaya mengembangkan potensi diri pada siswa tunarungu di SMA-LB Negeri Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.

[thumbnail of HALAMAN AWAL_1921025.pdf] Text
HALAMAN AWAL_1921025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)
[thumbnail of BAB I_1921025.pdf] Text
BAB I_1921025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of BAB II_1921025.pdf] Text
BAB II_1921025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[thumbnail of BAB III_1921025.pdf] Text
BAB III_1921025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (352kB)
[thumbnail of BAB IV_1921025.pdf] Text
BAB IV_1921025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (510kB)
[thumbnail of BAB V_1921025.pdf] Text
BAB V_1921025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_1921025.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_1921025.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)

Abstract

INDONESIA
Penelitian ini dilakukan dengan melihat realita yang berkaitan dengan Anak Berkebutuhan Khusus atau biasa disebut ABK, khususnya tunarungu dalam kehidupan masyarakat, anak tunarungu seringkali dianggap tidak bisa melakukan pekerjaan. Akan tetapi di SLB Negeri Pangkalpinang bisa disaksikan bagaimana anak tunarungu serta ABK lainnya belajar berbagai keterampilan untuk mempersiapkan diri berbaur dengan dunia pekerjaan.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan wawancara dengan sumber primer, observasi ke lapangan, serta dokumentasi. Data yang didapat melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi akan dianalisis berdasarkan teknik domain versi Spradley. Permasalahan yang akan dijabarkan adalah bagaimana implementasi bimbingan karir sebagai upaya mengembangkan potensi diri pada siswa tunarungu di SMA-LB Negeri Pangkalpinang dan apa saja faktor penghambat dan pendukungnya.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi bimbingan karir pada siswa tunarungu di SMA-LB Negeri Pangkalpinang dilakukan dengan memperhatikan potensi diri yang ada pada siswa. Pelaksanaan bimbingan karir dilakukan dengan memperhatikan beberapa hal yaitu melakukan tes bakat dan minat, mengikuti ekstrakurikuler, bekerjasama dengan orangtua, dan mengadakan kompetisi atau perlombaan. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan bimbingan karir di SMA-LB Negeri Pangkalpinang yaitu adanya sarana dan prasarana yang memadai, adanya tenaga ahli, dan adanya kerjasama dengan orangtua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dalam hal komunikasi dengan anak tunarungu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi; bimbingan karir; potensi diri; siswa tunarungu
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.4 Pendidikan Konseling, Bimbingan Murid, Penyuluhan Murid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan dan Konseling Islam > Tugas Akhir
Depositing User: Mauli dia
Date Deposited: 29 May 2023 05:25
Last Modified: 29 May 2023 05:25
URI: http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/534

Actions (login required)

View Item
View Item