Bayuni, Bayuni (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih Kelas VIII di Mts Negeri 1 Pangkalpinang. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
HALAMAN AWAL.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
11) BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (508kB)
12) BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (708kB)
13) BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (943kB)
14 BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (722kB)
15) BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (185kB)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (205kB)
Abstract
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini mengenai Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran inkuiri di mts negeri 1 pangkalpinang dan untuk mengukur besar pengaruh keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis statistik parametrik, waktu pelaksanaan penelitian Juli sampai November 2019. Populasi berjumlah 256 dengan sampel 72 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup terdapat 4 alternatif jawaban dengan menggunakan skala likert. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Data yang sudah dikumpulkan kemudian akan di analisis dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.0.
Hasil yang diperoleh dari penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang, dikategorikan sedang. Kemudian T hitung yaitu 5,318, kemudian dalam menetapkan nilai Ttabel dengan rumus df = n – 1 yaitu 72 – 1 = 71 responden. Sedangkan level of significance (ɑ) sebesar 0,025;71 atau 5%, sehingga diperoleh T tabel = 1,993. pada taraf signifikansi 0,05 yang berarti 5, 318 > 1,993, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil korelasi antara variabel bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. yang berarti “Ada pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri (X) terhadap Keaktifan Belajar (Y)”. Hasil analisis regresi sederhana diperoleh Y= 24,791 + 0.794X. Diketahui bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran fiqih kelas VIII di MTs Negeri 1 Pangkalpinang memberi pengaruh sebesar 28,8 % dan sisanya yaitu 71,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pengaruh; model pembelajaran inkuiri; keaktifan belajar |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Institusi Pendidikan, Sekolah dan Aktifitasnya > 371.3 Metode Pembelajaran, Metode Pengajaran, Metode Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Strategi Pengajaran, Strategi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Randa Wicaksono |
Date Deposited: | 25 May 2023 04:17 |
Last Modified: | 25 May 2023 04:17 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/515 |