Zulkarnain, Muhamad (2023) Faktor determinan minat masyarakat Desa Petaling Banjar Kecamatan Mendo Barat menjadi nasabah di Bank Syariah. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Syaikh Abdurrahman Siddik.
Halaman Awal_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (2MB)
BAB 1_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (184kB) | Request a copy
BAB 2_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (207kB) | Request a copy
BAB 3_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (209kB) | Request a copy
BAB 4_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (474kB) | Request a copy
BAB 5_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (64kB) | Request a copy
Daftar Pustaka_NIM 1831090.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Download (173kB) | Request a copy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan, lokasi, dan reputasi terhadap minat masyarakat Desa Petaling Banjar Kecamatan Mendo Barat menjadi nasabah di bank syariah. Pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang menggunakan jasa bank konvensional dari pada bank syariah dan beranggapan bahwa operasional bank syariah sama dengan operasional bank konvensional. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pendapatan, lokasi, dan reputasi terhadap minat masyarakat Desa Petaling Banjar Kecamatan Mendo Barat menjadi nasabah di bank syariah.
Jenis Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 3581 populasi dan sampel penelitian berjumlah 360 sample. Teknik sampling yang digunakan yaitu teknik sample random sampling. Instrumen penelitian ini yaitu kuesioner dengan mengukur data menggunakan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis) dengan menggunakan SPSS 26.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor pendapatan berpengaruh terhadap minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah dengan nilai thitung 4,042 > ttabel 1,97. Faktor lokasi mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah dengan nilai thitung 7,574 > ttabel 1,97. Dan Faktor reputasi mempengaruhi minat masyarakat menjadi nasabah di bank syariah dengan nilai thitung 5,491 > ttabel 1,97. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa variabel pendapatan, variabel lokasi dan variabel reputasi secara simultan atau bersamaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat masyarakat karena Fhitung > Ftabel atau 68,244 > 8,534 nilai signifikan yang di hasilkan 0,000 < 0,05. Jadi disimpulkan bahwa variabel pendapatan, lokasi dan reputasi secara bersama-sama atau secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendapatan; lokasi; reputasi; minat masyarakat |
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam > Perbankan Syariah > Tugas Akhir Mahasiswa |
Depositing User: | Muhamad Zulkarnain |
Date Deposited: | 23 May 2023 06:40 |
Last Modified: | 23 May 2023 06:40 |
URI: | http://repository.iainsasbabel.ac.id/id/eprint/504 |